oleh

Aturan Sehat Berbuka Puasa

Kabar6-Saat waktu berbuka puasa, banyak orang yang tidak bisa mengontrol nafsu makan. Alhasil, mereka mencicipi berbagai makanan secara bersamaan dalam jumlah banyak, sehingga perut benar-benar terasa kenyang.

Padahal, ada aturan makan saat berpuasa agar tubuh tetap sehat dan mendapatkan manfaat dari berpuasa. Puasa Ramadan yang dilakukan selama kurang lebih 14 jam sehari dalam 30 hari, melansir Sindonews, akan menyebabkan perubahan jadwal maupun pola makan serta aktivitas fisik. Namun, jumlah energi (kalori) selama puasa seharusnya tidak berbeda dengan asupan energi di hari biasa.

Hal yang terjadi, seringkali perubahan diet selama Ramadan adalah meningkatnya asupan energi karena kandungan karbohidrat dan lemak yang tinggi setelah berbuka puasa. Pengaturan asupan makanan selama puasa Ramadan adalah saat pada saat buka puasa.

Idealnya, saat buka puasa Anda mengonsumsi 50 persen dari kebutuhan energi sehari-hari yang terdiri dari iftar, yaitu 10 persen makan ringan, 40 persen makan utama yang dilakukan setelah salat maghrib. Sementara, sesudah salat tarawih dianjurkan mengonsumsi makanan ringan 10 persen serta pada sahur 40 persen untuk mengonsumsi makanan utama.

Hal yang harus diingat, puasa Ramadan bukan hanya menahan diri terhadap godaan makanan dan minuman ternyata juga memiliki dampak terhadap kesehatan tubuh.(ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru