oleh

Apa Saja Fakta Unik Tentang Kuku?

Kabar6-Fungsi utama kuku adalah melindungi ujung jari yang lembut dan penuh urat saraf, serta mempertinggi daya sentuh. Kuku adalah bagian dari tulang bukan protein. Pada kulit di bawah kuku terdapat banyak pembuluh kapiler yang memiliki suplai darah kuat sehingga menimbulkan warna kemerah-merahan. Seperti tulang dan gigi, kuku merupakan bagian terkeras dari tubuh karena kandungan airnya sangat sedikit.

Pertumbuhan kuku jari tangan dalam satu minggu rata-rata 0,5 – 1,5 mm, empat kali lebih cepat dari pertumbuhan kuku jari kaki. Pertumbuhan kuku juga dipengaruhi oleh panas tubuh.

Nutrisi yang baik sangat penting bagi pertumbuhan kuku. Sebaliknya, kalau kekurangan gizi atau menderita anoreksia nervosa, pertumbuhan kuku sangat lamban dan rapuh. Apa saja sih fakta unik tentang kuku? Dilansir Uniquefact, berikut lima fakta unik yang dimaksud:

1. Kuku tangan tumbuh lebih cepat ketimbang kuku kaki
Kuku pada jari tangan tumbuh tiga kali lebih cepat ketimbang kuku pada jari kaki. Sebenarnya, kuku yang paling lambat tumbuh adalah kuku pada ibu jari dan kuku yang paling cepat tumbuh adalah kuku pada jari tengah.

2. Kuku tidak butuh oksigen
Kuku ternyata tidak membutuhkan oksigen untuk hidup dan bertumbuh. Lempengan kuku sebenarnya merupakan sel mati. Bagian kuku yang hidup adalah bagian kutikula kuku dan daging di bagian bawah kuku. Bagian inilah yang membutuhkan oksigen untuk bertahan hidup, bukan lempengan kuku yang harus Anda potong setiap beberapa minggu sekali.

3. Kuku jadi petunjuk kesehatan
Kuku ternyata dapat memberitahu bagaimana keadaan kesehatan Anda. Berikut di antaranya:

a. Kuku berwarna pucat adalah pertanda anemia
b. Ada garis vertikal gelap pada kuku adalah pertanda melanoma
c. Kuku berwarna biru adalah pertanda tubuh sedang kekurangan oksigen
d. Ada butiran putih pada bagian atas kuku adalah pertanda tubuh sedang kekurangan kalsium

4. Pertumbuhan kuku dipengaruhi oleh cuaca
Musim dan cuaca lingkungan sekitar Anda juga mempengaruhi proses pertumbuhan kuku. Seperti halnya manusia, kuku akan bertumbuh lebih cepat saat cuaca panas dan cerah dan tumbuh lebih lambat saat cuaca dingin.

5. Kuku dapat menjadi sarang kuman
Karena kuku dapat menjadi sarang kuman dan kotoran, maka memotong kuku merupakan hal yang sangat penting. ** Baca juga: Hindari Makanan yang Picu Proses Penuaan

Semoga bermanfaat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru