oleh

Hiu Greenland Disebut Sebagai Hewan dengan Usia Terlama di Dunia Hingga 512 Tahun

Kabar6-Hiu Greenland merupakan pemangsa besar yang bergerak sangat lambat. Mereka tinggal di perairan dingin Arktik dan Lautan Atlantik Utara, dan disebut sebagai vertebrata yang memiliki umur hidup paling lama di Bumi.

Bahkan, hiu ini diperkirakan memiliki usia 512 tahun. Dilansir metro.co.uk, penelitian menemukan bahwa hiu Greenland juga dapat hidup lebih dari 300 tahun, dan tidak mencapai kematangan seksual sampai berusia sekira 150 tahun. Sayang, spesies ini sering diganggu oleh parasit mirip cacing, yang menempel pada mata mereka. Hal yang aneh, parasit tersebut justru akan memakan beruang kutub. Bagaimana bisa?

Rupanya, hiu ini diketahui kerap menikmati karkas beruang kutub yang membusuk sesekali. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada musim panas, para periset menggunakan jejak karbon-14 yang dihasilkan oleh tes nuklir pada 1950. Hal ini untuk menentukan umur hiu Greenland, dengan memeriksa kristal lensa di mata mereka.

Hiu terbesar diperkirakan berusia sekira 392 tahun. Tapi, mengingat beberapa ketidakpastian dalam metode ini, bisa jadi sekira 272 hingga 512 tahun. Bahkan pada perkiraan terendah, para peneliti mengatakan bahwa hiu Greenland adalah vertebrata yang hidup paling lama di Bumi. ** Baca juga: Konon, Ini 5 Negara yang Miliki Polisi ‘Brutal’

Para ilmuwan juga mencatat adanya parasit yang menggantung dari kornea hiu ini, dan parasit ini akan memakan daging beruang kutub. Para ahli juga mempelajari hiu Greenland, untuk mencari rahasia hidup panjang mereka, yang bisa diterapkan pada manusia.(ilj/bbs)

Berita Terbaru