oleh

Al-Ha’ir, Penjara Khusus Teroris di Arab Saudi dengan Fasilitas ‘Hotel Bintang 5’

Kabar6-Setiap mendengar kata ‘penjara’, bayangan kita selalu tertuju pada sebuah bilik berjeruji yang sempit, suram dan kotor. Singkat kata, penjara adalah tempat berkumpulnya para penjahat dengan fasilitas yang minim.

Namun, hal itu tidak akan Anda temukan di al-Ha’ir. Penjara yang terletak di Arab Saudi ini, melansir Sooperboy, diperuntukkan bagi tahanan militan teroris yang tak hanya dilengkapi puluhan pengawal bersenjata otomatis dan kontrol penjara yang sangat ketat, tetapi lebih seperti sebuah hotel bintang lima dibandingkan penjara.

Al-Ha’ir menyediakan berbagai fasilitas mewah untuk mengurung sekira 1.100 tahanan kasus terorisme, yaitu tempat tidur ukuran king size, televisi, kulkas, kamar mandi hingga tersedia mesin ATM. Termasuk fasilitas olahraga untuk narapidana teroris.

Penjara yang terletak 40 kilometer di selatan Ibu Kota Riyadh ini merupakan penjara terbesar Arab Saudi dan dibangun khusus untuk teroris jaringan Al-Qaeda.

Hal yang menarik, pemerintah tetap menyediakan beberapa bilik seks khusus bagi narapidana yang sudah menikah. Sebulan sekali, tahanan kelompok ekstremis ini bisa mendapatkan ‘waktu bercinta’ bersama pasangan selama lima jam, dalam kamar khusus dilengkapi kasur, seprai dan makanan ringan.

Ya, Arab Saudi justru mengurus kesejahteraan keluarga tahanan teroris, termasuk menyediakan uang anggaran beli makanan, sewa rumah dan biaya sekolah anak. Juga akomodasi hotel dan transportasi bagi anggota keluarga tahanan yang datang menjenguk para narapidana.

Dalam kompleks penjara bahkan terdapat sebuah hotel dengan hiasan bunga segar dan makanan buffet serta ruang khusus keluarga sebagai ‘hadiah’ kepada narapidana yang berkelakuan baik. ** Baca juga: Sejak Dibuka, Hotel di Italia Ini Tidak Pernah Didatangi Tamu

Sepertinya fasilitas ini justru membuat para tahanan tidak ingin cepat-cepat bebas dari penjara, ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru