oleh

Ada Wanita yang Bisa Cicipi Rasa dari Nama Orang

Kabar6-Seorang wanita bernama Julie McDowall dengan nama akun @JulieAmcDowall menjadi viral setelah mengunggah cuitan tentang kemampuan ‘merasakan’ nama-nama orang.

Hal yang dialami Julie ini, melansir Wolipop, disebut sinestesia yaitu kondisi langka di mana salah satu indera seolah-olah bisa dipersepsikan oleh indera lainnya. Misalnya, indera pengecap dan indera pendengar. Jadi, seseorang dengan kondisi ini dapat mendengar suara dari warna oranye, atau mencium aroma nomor 10. Julie sendiri mengaku bisa ‘merasakan’ atau ‘mengecap’ nama-nama orang dan mendeskripsikannya menjadi berbagai macam rasa.

Meskipun sinestesia sebenarnya masih belum terlalu dipercaya orang, data sejarah menyebut pada 1690, di mana seorang filsuf bernama John Locke pernah menulis tentang pria buka yang dapat ‘melihat’ warna merah kapan pun ia mendengar suara terompet.

Dalam kasus Julie, ia mengaku bisa ‘mengecap’ rasa dari nama seseorang. Wanita yang memiliki follower lebih dari 13 ribu ini pun menantang siapa pun untuk memberitahu nama mereka, dan Julie akan menyebutkan ‘rasa’ dari nama tersebut.

“Catherine adalah semacam roti yang dicelupkan ke dalam cokelat dan kopi,” jawab Julie, saat salah satu netizen bertanya, seperti apa rasa dari namanya. Sementara Katie, dipersepsikan Julie memiliki rasa seperti cake yang enak. Nama Barbara, dirasakannya seperti cincin plastik yang diberi warna. Nama Keith, terasa seperti permen karet rasa mint. ** Baca juga: Tim Arsitek di Beijing Buat Jembatan Beton 3D yang Diklaim Terpanjang di Dunia

Julie mengaku hanya bisa mengecap nama-nama yang familiar di telinganya. Untuk nama yang terasa asing, wanita yang berprofesi sebagai penulis ini lebih sulit mendeskripsikan namanya. “Aku kesulitan dengan nama yang tidak familiar bagiku. Tapi aku bisa merasakan nama ‘Dal’ sebagai mainan bebek karet yang dicelupkan ke cuka,” jelasnya.

Diketahui, Julie bukan satu-satunya wanita dengan kondisi sinestesia. Seorang wanita dengan nama akun @francesweetman juga mengaku mengidap sinestesia yang bisa melihat huruf, nama, angka dan kata-kata dalam warna. “Aku melihat warna ketika membaca teks. Coba tanyakan apa warna dari nama kamu!” demikian cuitan Frances di Twitter.

Menarik.(ilj/bbs)

Berita Terbaru