Ada Dampak yang Ditimbulkan Saat Anda Bermain Ponsel Sambil Berjalan

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Ada banyak alasan yang membuat orang memakai ponsel sambil berjalan. Meskipun terlihat tidak ada yang salah, memainkan ponsel sambil berjalan kaki ternyata bisa menyebabkan munculnya sakit leher dan punggung. .

Selain itu, melansir doktersehat, kebiasaan ini juga membuat kita lebih rentan mengalami kecelakaan seperti tersandung, terpeleset, menabrak, atau bahkan ditabrak kendaraan bermotor, karena kita yang tidak berkonsentrasi lagi saat berjalan. Sebuah penelitian yang melibatkan sejumlah partisipan dengan usia 18-34 tahun mengungkapkan, kebiasaan menggunakan ponsel saat berjalan bisa meningkatkan risiko terkena sakit punggung, sakit leher, dan sakit kepala. Tanpa disadari, melakukannya bisa menambah beban pada tulang punggung hingga 25 kg.

Saat kepala menunduk untuk melihat ke arah ponsel yang sedang kita mainkan di tangan, maka leher akan membentuk sudut sekira 15 derajat dan membuat tulang punggung mengalami tambahan beban 16 kg. Jika sudut ini mencapai 30 derajat, maka beban tambahan akan meningkat hingga 20 kg.

Apabila sampai sudutnya mencapai 45 derajat, maka beban ini akan bertambah hingga 23 kg. Beban ini tentu setara dengan saat kita menggendong anak kecil di punggung. Apabila kita terbiasa memainkan ponsel sambil berjalan, maka bagian tulang punggung, pundak, dan leher akan terbebani sehingga rentan mengalami rasa nyeri. Bahkan, dalam banyak kasus, bisa jadi hal ini membuat tulang punggung atau leher melengkung yang tentu bisa membahayakan. ** Baca juga: Hati-hati, Sering Berbohong Sebabkan Anda Mudah Terserang Penyakit

Jadi kurangi kebiasaan menggunakan ponsel sambil berjalan, ya.(ilj/bbs)