oleh

Walikota Tangerang Akui Harga Bawang Putih Naik, Tapi Stok Aman

image_pdfimage_print

Kabar6-Walikota Tangerang Arief R Wismansyah melakukan inspeksi mendadak (Sidak) harga pasar menjelang Bulan Suci Ramadhan.

“Sekarang, siang ini kita cek datanya, harga ada kenaikan apa enggak,” ujar Arief saat memberikan keterangan kepada wartawan di Pasar Anyar Kota Tangerang, Jumat (3/5/2019).

Arief menyebut, kenaikan tersebut seperti bawang putih yang kupas bahkan mecapai Rp70 ribu, sedangkan untuk non kupas bervariasi dari Rp50 ribu hingga Rp 55 ribu. Namun, untuk kebutuhan lainnya seperti telur juga mengalami kenaikan yang harga biasanya Rp22 ribu hingga mengalami kenaikan mencapai Rp25 ribu hingga Rp26 ribu.

“Ini kayaknya masalah mekanisme pasar, karena dari suplainya sendiri untuk Kota Tangerang sejauh ini aman,” jelasnya.

Kendati begitu, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tangerang terus melakukan pemantaun harga dalam menjaga stabilitas harga.

Arief mengatakan, dalam menjaga stabilitas harga akan melakukan operasi pasar seluruh pasar di Kota Tangerang. Ia menambahkan PD Pasar sendiri mengelola sebanyak 10 pasar, 25 pasar swasta dan 15 pasar lingkungan.

“Jadi, kita dorong terus supaya stabilitas harga yang ada tetap terjaga. Sejauh ini aman, jadi masyarakat tidak perlu resah kita menyambut bulan ramadhan kebutuhan-kebutuhan insya allah akan tersuplai,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tangerang, Agus Sugiono mengatakan, menjelang bulan puasa ini memang ada gejolak kenaikan sudah pasti dampak psikologis musiman karena ada kenaikan permintaan konsumsi.**Baca juga: Empat Tersangka Kecurangan Pemilu di Kota Serang Disidangkan.

“Tapi untuk stok cukup tersedia. Namun yang ekstrim memang kenaikan dibawang putih,” jelasnya.(Oke)

Print Friendly, PDF & Email