oleh

80 Persen Pasien RSU Tangsel Pakai SMS Gateway

Kabar6-Model layanan pendaftaran melalui aplikasi SMS Gateway yang diterapkan oleh manajemen Rumah Sakit Umum (RSU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) laris manis.

Sistem pesan singkat tersebut dirancang untuk memangkas alur birokrasi serta mempersingkat waktu pelayanan iniberlaku bagi pasien lama yang biodata dan riwayat medisnya telah terdaftar.

Kepala Seksi Pelayanan Non Medis RSU Kota Tangsel, Yosi Utami mengatakan, sistem aplikasi SMS Gateway rancangannya mulai digulirkan pada Agustus 2015 lalu.

Saat ini jumlah pengguna layanan berobat lewat pesan singkat sudah mencapai 80 persen dari total pasien yang mendaftar ke poli rawat jalan.

“Setiap harinya pasien pengguna SMS Gateway membludak. Kami berharap seluruh pasien akan menggunakan layanan ini, terkecuali pasien baru,” katanya saat dihubungi kabar6.com, Rabu (16/212/2015).

Yosi merasa bersyukur lantaran antusiasme pasien RSU Kota Tangsel yang menggunakan layanan SMS Gateway sangat signifikan. Masyarakat selaku pasien poli merasa senang menggunakannya karena lebih efektif menghindari antrean di loket pendaftaran. Pun termasuk mengefisiensi waktu.

“Pasien jadi tidak perlu antre di loket pendaftaran dari pagi, dan tidak perlu menunggu lama di poli,” terangnya.

Kini manajemen pengelola RSU Kota Tangsel terus berupaya membuat terobosan agar pelayanan kesehatan tak kalah bersaing dengan pihak swasta. Sehingga adanya keterbatasan tenaga medis serta fasilitas sarana dan prasarana bukan menjadi dalil pelayanan medis terhambat.

“Insya Allah tahun 2016 akan ada penambahan jumlah tenaga medis dan peningkatan sarana prasarana, sehingga RSU Tangsel dapat melayani masyarakat lebih optimal,” papar Yosi.

Kedepannya jenis pelayanan rawat jalan akan bertambah, dan model pendaftaran berobat ke poli tidak hanya melalui SMS Gateway.

Tapi juga dengan sistem online ataupun aplikasi registrasi yang saat ini sedang dibangun oleh tim Informasi Teknologi (IT) RSU Kota Tangsel.

Yosi pun mengkoreksi mekanisme penggunaan layanan SMS Gateway dari pemuatan informasi berita sebelumnya. Pendaftaran berobat ke poli RSU Kota Tangsel berlaku pada Senin-Jum’at, pukul 11.00 sampai dengan 14.00 WIB.

Bagi masyarakat yang ingin dapatkan ke layanan poli RSU Kota Tangsel bisa kirim pesan singkat sehari sebelum? berobat ke nomor 0822-1000-7613. Formatnya;

REG#nama lengkap#nomor rekam medik#tanggal lahir#poli yang dituju#jenis pembayaran (BPJS/e-KTP/umum).

“Alhamdulillah, pasien merespon positif adanya layanan SMS Gateway di RSU Tangsel,” tambah pejabat jebolan Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Prof DR Moestopo ini lagi.(yud)

Berita Terbaru