oleh

5 Asupan Nutrisi Terbaik untuk Kulit Sehat

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Memiliki kulit sehat membuat potensi terserang kuman penyakit melalui permukaan kulit akan berkurang. Nilai lebihnya, penampilan Anda pun akan menjadi kian menawan.

Kulit sehat tidak selalu identik dengan perawatan kulit berbiaya mahal, melainkan juga mengenai perawatan dan perlindungan kulit melalui gaya hidup sehari-hari, seperti asupan nutrisi. Apa saja asupan nutrisi yang baik agar kulit sehat? Dikutip dari Esquire, ini dia lima asupan yang dimaksud:

1. Protein
Fungsi protein adalah untuk menyuplai asam amino bagi pembentukan kolagen untuk kulit yang kencang. Dapat ditemukan pada ikan, daging putih, dan telur.

2. Lemak
Sumber lemak terbaik untuk nutrisi kulit sehat hanya terdapat pada beberapa jenis minyak ikan, seperti dari ikan salmon, sarden, dan mackerel. Ketiga jenis minyak ikan tersebut bermanfaat untuk menghidrasi kulit dari dalam.

3. Kacang-kacangan
Selain kaya akan vitamin E, minyak pada beberapa jenis kacang, seperti walnut, hazelnut, dan almond juga bermanfaat sebagai anti-inflamasi. Lebih dari itu, kandungan nutrisi pada kacang-kacangan tersebut juga bermanfaat lindungi kulit dari bahaya sinar UV pada paparan sinar matahari.

4. Makanan rendah glikosemik (low GI)
Mengonsumsi makanan low GI dapat bantu cegah perubahan hormon pada tubuh yang berakibat pada kerutan dan iritasi. Ganti konsumsi karbohidrat harian Anda ke jenis yang lebih sehat, seperti wholegrain dan oatmeal.

5. Konsumsi sayur & buah berwarna
Berbagai studi gizi menemukan bahwa karotenoid, zat antioksidan pembentuk pigmen warna pada buah dan sayur, mampu bantu mengurangi sensitivitas kulit terhadap bahaya paparan sinar matahari. ** Baca juga: Konsumsi Minuman Bersoda Tiap Hari Tingkatkan Risiko Obesitas Lebih dari 150 Persen

Yuk, mulai terapkan pola makanan sehat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru