oleh

Konsumsi Minuman Bersoda Tiap Hari Tingkatkan Risiko Obesitas Lebih dari 150 Persen

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kalori yang berasal dari gula lebih mudah diubah menjadi lemak dibandingkan dengan kalori dari sumber lainnya.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika, dilansir Newsmaxhealth, menemukan bahwa seorang remaja perempuan berusia 12 tahun yang mengonsumsi minuman bersoda (manis), cenderung lebih mudah mengalami obesitas dibandingkan dengan anak remaja lainnya yang tidak mengkonsumsi minuman bersoda.

Selain itu, mengkonsumsi minuman bersoda setiap harinya dapat meningkatkan risiko terjadinya obesitas hingga lebih dari 150 persen. Para peneliti juga menemukan bahwa untuk setiap kaleng atau botol minuman bersoda yang dikonsumsi setiap hari, seseorang dapat mengalami peningkatan berat badan (berlebihan) hingga 41 persen.

Para peneliti mengatakan bahwa sirup jagung tinggi fruktosa yang banyak digunakan sebagai pemanis minuman bersoda merupakan salah satu penyebab terjadinya peningkatan berat badan. ** Baca juga: Lepaskan Tawa, Karena Ada 4 Manfaat yang Anda Dapatkan

Dalam sebuah penelitian diungkapkan, tikus yang diberi makan sirup jagung tinggi fruktosa mengalami peningkatan berat badan hingga 47 persen lebih banyak dibanding dengan tikus yang diberi makanan mengandung jumlah kalori yang sama dengan sirup jagung.(ilj/bbs)

Berita Terbaru