oleh

5 Alasan Wanita Butuh Kopi

Kabar6-Tidak hanya membuat tubuh segar kembali, kopi juga sarat antioksidan yang membantu tubuh menangkal kerusakan akibat radikal bebas. Kopi juga mengandung magnesium, kalium, niasin, kolin, vitamin B2, dan riboflavin.

Namun manfaat ini bisa Anda nikmati dari kopi tanpa tambahan lain atau gula dalam jumlah sedikit saja. Untuk wanita, disarankan minum dua gelas kopi sehari. Mengapa demikian? Melansir Pesona, berikut alasannya:

1. Hindari depresi
Anda mengurangi depresi hingga 20 persen dibandingkan wanita yang sedikit atau tidak minum kopi sama sekali. Dopamin dan serotonin yang dilepaskan oleh kafein ke dalam otak memberikan ‘perasaan baik’ bagi peminumnya.

2. Tangkal kanker
Senyawa yang terkandung dalam kopi dapat mengurangi sel kanker pada mulut dan gigi, karena kopi memiliki kandungan anti bakteri dan anti perekat yang baik. Kopi juga menangkal pertumbuhan plak pada gigi, mencegah gigi berlubang, dan infeksi pada gusi. Minum kopi yang disaring juga bisa menurunkan risiko kanker payudara di usia dewasa (di bawah 49 tahun), dan penurunan risiko kanker payudara usia manula (lebih dari 55 tahun).

3. Bantu diet
Meskipun tidak turun secara signifikan, kandungan kafein bisa membantu Anda menekan nafsu makan atau mencegah kenaikan berat badan. Rasa kenyang akibat minum kopi sering membuat Anda tetap kenyang.

4. Segarkan tubuh
Kafein dalam kopi merangsang sistem saraf, yang mengakibatkan aktifnya kinerja jantung, peningkatan sirkulasi darah terutama di otak, serta menyediakan lebih banyak oksigen. Peminum rutin kopi akan merasa lebih bugar dan bisa berpikir lebih baik.

5. Kurangi sakit kepala
Saat sakit kepala, minumlah secangkir kopi pahit. Kopi memberikan efek menenangkan migrain atau sakit kepala. Ketika terjadi sakit kepala, pembuluh otak memperlebar reseptor rasa sakit. Tekanan darah dan detak jantung meningkatkan tekanan pada dinding pembuluh darah.

Kafein dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah di otak, sehingga mengalirkan darah lebih cepat dan mencegah peluasan rasa sakit. Secangkir kopi dapat meringankan sakit kepala migrain. ** Baca juga: Fakta Berbeda Sejumlah Makanan yang Sering Disebut ‘Berbahaya’

Manfaat yang menyenangkan, bukan? (ilj/bbs)

Berita Terbaru