Tidak Disarankan Konsumsi Kuning Telur Secara Berlebihan

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Meskipun merupakan jenis makanan sehat yang menjadi sumber protein, konsumsi telur pun sebaiknya tidak terlalu berlebihan karena kandungan lemak dan kalori yang cukup tinggi, terutama pada bagian kuning telurnya.

Ya, jika dikonsumsi secara berlebihan, dikutip dari Wartakesehatan, dapat mengakibatkan penumpukan lemak dalam tubuh yang menjadi penyebab kenaikan berat badan. Diketahui, dalam kuning telur dengan ukuran 100 gram terdapat 322 kkal, dengan kandungan lemak sekira 26,54 gram, dan jumlah kolestrolnya sekira 1.234 gram. Sementara dalam putih telur terdapat 52 kkal dengan jumlah kandungan lemaknya sekira 0, 17 gram, dan tidak terdapat kandungan kolestrol.

Jadi, orang dengan riwayat kolestrol tinggi atau Anda ingin melakukan penurunan berat badan, sebaiknya batasi konsumsi kuning telur, maksimal kosumsi kuning telur hanya tiga butir dalam seminggu. Sedangkan putih telurnya masih dapat dikonsumsi. ** Baca juga: Bolehkah Konsumsi Kopi & Teh Saat Haid?

Disarankan untuk menghindari mengonsumsi telur yang dimasak setengah matang, karena dikhawatirkan ada kandungan bakteri salmonella yang belum mati, sehingga tidak baik untuk kesehatan tubuh.(ilj/bbs)