oleh

Tahun Baru, Volume Sampah di Tangsel Naik 40 Persen

Kabar6-Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) memastikan bahwa pada setiap perayaan malam tahun baru volume sampah meningkat signifikan. Jenis sampah sisa kemasan makanan dan minuman serta kembang api biasanya paling mendominasi.

“Untuk volume sampah diperkirakan akan meningkat sekitar 30-40 persen,” kata Kepala Seksi Pengelolaan Sampah DLH Kota Tangsel, Rastra Yudhatama saat dihubungi kabar6.com, Jum’at (28/12/2018).

Menurutnya, volume 3,5-5 ton kubik sampah dari hasil perayaan malam pergantian tahun itu kerap berserakan diberbagai ruas jalan titik keramaian. Misalnya, di kawasan BSD City, Bintaro Jaya, Alam Sutera serta jalan-jalan protokol lainnya.

“Sampah liar di jalanan yah itu. Kayak sampah kertas dan plastik dan botol air mineral sama kertas sisa kembang api,” terang Yudha.

Yudha menambahkan, peningkatan volume sampah pada malam tahun baru juga disumbang dari pasar-pasar tradisional serta modern yang ada di. Kenaikannya diperkirakan mencapai 20-30 persen dari hari biasanya.**Baca juga: Bawaslu Lebak Diminta Cermat Investigasi Dugaan Camat Dukung Caleg.

“Kalau per hari rata-rata volume sampah di Tangsel 250 ton kubik. Itu yang masuk ke TPA Cipeucang ya,” tambahnya.(yud)

Berita Terbaru