oleh

Sisir Pencari Kutu Tertua Ada di Cili

Serit kuno yang ditemukan.(National Geographic)
Serit kuno yang ditemukan.(National Geographic)

Kabar6-Ada berbagai jenis sisir sesuai kegunaan masing-masing. Salah satunya adalah sisir jenis serit yang memiliki kegunaan untuk membersihkan kutu yang berkembang biar dalam pada rambut.

Nah, baru-baru ini telah ditemukan serit yang terbuat dari kayu, tulang, dan gading, dalam penelitian teranyar di Cili Utara. Serit tersebut berukuran 83×83 milimeter, dan memiliki 61 gigi pada kedua sisinya. Disebutkan, jejak-jejak kutu dan telurnya terjepit di antara gigi serit.

Penelitian tersebut, dikutip dari National Geographic, berfokus pada koleksi museum berupa serit dua sisi yang terbuat dari alang-alang. Semuanya berasal dari kelompok budaya yang berkembang di lembah sungai Gurun Atacama antara sekitar 500 dan 1500 Masehi.

Para pakar sebelumnya menyatakan, serit itu digunakan untuk membuat gaya rambut yang rumit. Selain itu, karena sebagian besar serit ditemukan di makam wanita, kemungkinan serit berfungsi dalam pekerjaan menenun. ** Baca juga: Terjang Area Penuh Serigala, Balita Ini Nekat Mencari Bantuan Demi Sang Nenek

Pada zaman pra-Columbus, tidak sedikit orang yang menolak rambutnya dibotaki. Padahal, itu cara termudah menyingkirkan kutu. “Harga diri lebih kuat daripada gatal,” kata kepala peneliti Bernardo Arriaza. “Orang memilih ‘tak nyaman’ daripada botak.”(ilj/bbs)

Berita Terbaru