oleh

Waspada, Beberapa Hal Berikut Picu Hilang Ingatan

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Tidak sedikit pakar kesehatan yang menyarankan diet seimbang dan olahraga secara teratur. Selain baik untuk tubuh, kesehatan pun otak terjaga.

Sayangnya, banyak juga orang yang tidak menyadari ada beberapa hal yang ternyata dapat menyebabkan hilang ingatan. Dilansir dari Times of India, berikut hal yang dimaksud:

1. Kesepian
Berbagai penelitian menunjukkan bahwa kesepian dan merasa diri terisolasi secara sosial memiliki risiko lebih tinggi ketimbang Alzheimer, kondisi yang ditandai dengan penurunan daya ingat, penurunan kemampuan berpikir dan berbicara, serta perubahan perilaku pada penderita akibat gangguan di dalam otak yang sifatnya progresif atau perlahan-lahan.

2. Polusi
Sebuah penelitian mengungkapkan, wanita lanjut usia yang tinggal di daerah dengan polusi sangat tercemar, lebih berisiko terserang demensia dibandingkan wanita yang tinggal di udara bersih. Partikel polusi yang masuk ke tubuh bisa menyebabkan peradangan dan memicu Alzheimer.

3. Kualitas tidur yang buruk
Kurang tidur membuat otak tidak beristirahat dengan cukup. Akibatnya, timbul protein otak terkait dengan Alzheimer. Dengan kata lain, tidur sangat penting untuk menjaga otak tetap sehat. ** Baca juga: Tubuh Terasa Lesu Saat Bangun Pagi, Mungkin Ini Penyebabnya

Perbanyak aktivitas ‘berpikir’ dalam keseharian untuk mengasah ingatan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru