oleh

Sering Migrain, Hindari Dulu Makanan dan Minuman Ini

Kabar6-Faktor pencetus migrain paling dominan adalah konsumsi makanan tertentu, kurang atau tidur yang berlebihan, tidak makan atau diet, stres dan tekanan emosi, bau-bauan yang menyengat, serta paparan sinar yang berlebihan.

Selain faktor-faktor tadi, melansir Tabloidbintang, penderita migrain juga harus berhati-hati terhadap makanan dan minuman tertentu. Apa saja jenis makanan dan minuman yang dimaksud?

1. Alkohol
Termasuk zat yang diuretik atau penyebab dehidrasi tubuh, sehingga memicu timbulnya migrain. Meski anggur merah memiliki fungsi ganda yang berlawanan, karena kaya akan unsur fenolik yang sangat baik buat jantung, anggur merah juga bisa memicu terjadinya migrain.

2. Kafein
Meski mengonsumsinya membantu menghilangkan migrain, sebenarnya tidak dianjurkan dilakukan bagi penderitanya. Hal ini karena bila sudah kecanduan, kurang konsumsi kafein malah akan memicu terjadinya migrain. Bila hanya ingin menghentikan migrain, satu gelas saja sudah cukup.

3. Keju
Meski masih menjadi pro dan kontra, beberapa ahli mengatakan keju adalah salah satu pemicu migrain. Unsur asam amino tiramin yang terkandung pada keju diperkirakan mampu memicu timbulnya sakit kepala, karena mengurangi kadar serotonin dalam otak yang mengganggu irama aliran darah.

4. Aditif makanan
Para penderita migrain umumnya mengatakan bahwa mereka sangat sensitif dengan makanan yang mengandung nitrit, aspartame (pemanis buatan), tetrazin, dan sulfite (ditemukan pada minuman alkohol dan wine). ** Baca juga: Perhatikan Beberapa Hal Sebelum Berenang di Kolam Umum Selama New Normal

Untuk sementara waktu, hindari dulu beberapa makanan dan minuman tadi agar migrain tidak tambah parah.(ilj/bbs)

Berita Terbaru