oleh

Sering Diabaikan, 5 Manfaat Sinar Matahari Bagi Makhluk Hidup

Kabar6-Selain sebagai sumber energi dan cahaya bagi Bumi, matahari juga memiliki fungsi lainnya saat menghasilkan panas dan kehangatan. Hal ini yang membuat suhu di wilayah Bumi bisa ditinggali manusia dan makhluk hidup lainnya.

Kehadiran matahari tentu memberikan segudang manfaat tak hanya bagi manusia namun juga hewan serta tumbuhan. Lantas, apa saja manfaat sinar matahari bagi makhluk hidup? Melansir Hitekno, ini lima manfaat yang dimaksud:

1. Sumber vitamin D
Sinar matahari adalah sumber vitamin D yang memiliki berbagai manfaat untuk tubuh. Vitamin ini ampuh untuk menjaga kesehatan tulang, sel darah, jantung, otak, daya tahan tubuh, hingga mencegah penyakit. Untuk bisa merasakan khasiatnya, Anda harus konsisten berjemur di bawah sinar matahari setiap pagi selama 15-30 menit.

2. Proses fotosintesis
Tumbuhan membutuhkan sinar matahari untuk melakukan fotosintesis agar bisa memberdayakan dan menjaga kelangsungan hidupnya. Dalam praktiknya, proses fotosintesis ini akan menghasilkan oksigen yang dibutuhkan makhluk hidup tak terkecuali manusia.

3. Menghangatkan hewan
Tak hanya manusia dan tumbuhan, hewan juga butuh sinar matahari. Suhu panas pada matahari akan diserap ke tubuh hewan dan digunakan untuk menghangatkan tubuh sehingga hewan bisa selalu sehat dan aktif.

4. Panel tata surya
Selain itu, energi sinar matahari juga dapat digunakan sebagai sumber listrik tenaga surya. Caranya, dengan meletakkan pelat-pelat logam. Nantinya, pelat tersebut akan menyerap panas matahari.

Kemudian, dengan bantuan teknologi, panas matahari itu akan diubah menjadi listrik. Dalam hal ini, sinar matahari juga berfungsi sebagai sumber penerangan. ** Baca juga: Bagaimana Cara Bercukur yang Benar?

5. Rumah tangga
Dalam kegiatan berumah tangga seperti menjemur pakaian, sepatu, hingga gabah, kita membutuhkan kehadiran sinar matahari. Cahaya matahari dalam hal ini tentu sangat berguna dan efektif untuk kegiatan sehari-hari. Terlebih sinar matahari ini bisa digunakan secara gratis.

Apakah Anda termasuk orang yang rutin berjemur di bawah sinar matahari pagi?(ilj/bbs)

Berita Terbaru