Polusi Asap, Aktivitas Pabrik Karung di Pakuhaji Dikeluhkan Warga

kabar6.com
Pabrik Karung di Pakuhaji.(vero)

Kabar6-Sejumlah warga Desa Kali Baru, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang mengeluhkan aktivitas pabrik daur ulang karung milik PT Duta Nusa Utama (DNU). Pasalnya, asap dari aktivitas pabrik dianggap sangat mengganggu warga.

Tokoh masyarakat Kampung Kali Baru RT 02 RW 01, Desa Kali Baru, Hasan Basri mengatakan aktivitas peleburan pabrik karung bekas menjadi karung baru oleh pabrik milik PT DNU mengakibatkan asap pekat yang berbau tidak sedap. Asap dari pabrik tersebut juga terindikasi mencemari lingkungan warga. Tak jarang warga sekitar pabrik mengalami sakit pernapasan.

“Pabrik karung milik DNU sangat berdekatan dengan rumah warga sehinggal asap dari aktivitas pabrik mencemari lingkungan,” kata Hasan, Sabtu (14/7/2018).

Menurut Hasan awalnya warga tidak mempermasalahkan keberadaan pabrik tersebut. Namun karena asap yang dikeluarkan pabrik tersebut mengganggu, warga pun melakukan protes keberadaan pabrik. Hasan melanjutkan puluhan warga yang mengeluh karena asap dari pabrik milik PT DNU pernah melakukan protes pada 2017. Saat itu aksi spontan puluhan warga yang awalnya memanas bisa diredam oleh petugas Polsek Pakuhaji.

“Saat itu pemilik pabrik berjanji akan membuat cerobong lebih tinggi agar asap tidak mencemari lingkungan penduduk. Janji pemilik pabrik tidak ditepati sampai saat ini,” tuturnya.

Sementara itu, Dian warga Kampung Kali Baru lainnya menambahkan sejumlah warga Kali Baru yang mengeluhkan aktivitas pabrik karing milik PT DNU pernah disampaikan ke pihak Kecamatan. Namun, hingga sekarang belum ada tindakan tegas.

“Sejumlah warga juga tidak pernah diminta tandatangan oleh pemilik pabrik saat akan mendirikan pabrik,” pungkasnya.

Dihubungi terpisah, sekretaris PT DNU, Wina memilih bungkam tidak menjawab beberapa pertanyaan yang disampaikan wartawan.**Baca Juga: Ini Lokasi Rawan Penyebaran HIV-AIDS di Pantura Tangerang.

“Pimpinan saya tidak ada. Maaf saya lagi sibuk,” singkatnya.(vero)