oleh

Polda Banten Siagakan 700 Personel di Pelabuhan Merak

Kabar6-Polda Banten menerjunkan 2.300 personel dan membentuk 200 pos pengamanan guna memastikan kelancaran arus mudik Lebaran 2015.

 

Sebanyak 700 personel di antaranya khusus ditugaskan mengamankan pelaksanan arus mudik di Pelabuhan Merak.

 

Sisanya disebar di sepanjang jalur mudik dan jalur wisata di Provinsi Banten, khususnya di titik-titik dengan potensi kerawanan dan gangguan kamtibmas yang cukup tinggi.

 

Sejumlah titik yang mendapatkan atensi khusus, yakni titik rawan kemacetan, pusat keramaian, kawasan wisata, dan lokasi ziarah.

 

Kapolda Banten, Brigjen Pol Boy Rafli Amar, mengatakan seluruh personel tersebut mulai menempati pos masing-masing pada H-7  hingga H+7 Lebaran 2015. Polda Banten juga membentuk 200 pos pengamanan di sepanjang jalur mudik dan wisata.

 

“Khusus di Pelabuhan Merak, ada sekitar 700 personel di sini untuk memastikan angkutan penumpang berjalan baik dan aman, tanpa ada kendala apa pun. Kepolisian akan membantu masyarakat merayakan Idul Fitri di kampung halaman dengan lancar dan aman,” kata Kapolda usai gelar pasukan Operasi Ketupat dan Kalimaya 2015 di Dermaga IV dan V Pelabuhan Merak, Kamis (9/7/2015).

 

Sementara, pos pengamanan ditempatkan di titik-titik yang berpotensi terjadi gangguan kamtibmas. Hal tersebut untuk mendekatkan personel terhadap potensi kerawanan saat arus mudik.

 

“Pos pengamanan dibentuk untuk mendekatkan personel terhadap potensi kerawanan. Misalnya di pasar tumpah. Pos tersebut harus mengantisipasi dan membantu pedagang agar tertib dan tidak menutup badan jalan. Jalur mudik di Banten dari Cikande sampai Merak sepanjang 60 kilometer ini banyak pasar tumpah, apalagi menjelang Idul Fitri,” ujar Boy.

 

Dalam gelar pasukan tersebut, Kapolda meminta PT ASDP selaku operator Pelabuhan Merak untuk memberlakukan sistem manajemen bongkar muat kapal yang baik, guna optimalisasi waktu sandar kapal di dermaga.

 

“Setiap ada masalah, selalu kedepankan langkah yang sifatnya sinergis. Berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ujarnya. ** Baca juga: Dinsosnakertrans Tangsel Jaring PMKS di Serpong

 

Di tempat yang sama, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Kementrian Perhubungan RI, Eddi Gunawan, mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait guna antisipasi kemacetan khususnya pada puncak arus mudik. Pihaknya juga memastikan seluruh armada mudik laik jalan.(van)

Berita Terbaru