oleh

Pilkada Tangsel 2020, Tugas Ekstra Pelipat Kertas Suara Diupahi Rp 100

Kabar6-Sebanyak 1.001.874 lembar kertas surat suara Pilkada serentak 2020 di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mulai besok dilipat. Hari pertama proses pekerjaan di gudang KPU melibatkan 25 orang tenaga pelipat dengan nominal upah yang sudah ditentukan.

“Angka persisnya saya enggak hafal. Biasanya kalo tidak salah Rp 100 per lembar,” ungkap Ketua KPU Kota Tangsel, Bambang Dwitoro saat ditanya kabar6.com, Selasa (24/11/2020) sore.

Menurutnya, tugas pokok dan fungsi ke-25 orang bukan hanya bertugas melipat kertas surat suara. Warga yang dikaryakan oleh Sekretaris KPU Kota Tangsel ini juga ditugasi melakukan sortir.

Bambang tegaskan, kualitas hasil cetakan dari setiap lembar logistik yang mesti diperiksa secara cermat. Jika terlihat model cetakan tidak layak, maka ke-25 petugas pelipat kertas suara wajib memilah sebagai kategori kertas suara rusak.

“Misalkan ukuran kertas tidak simetris. Garis gambar paslon kelihatan miring atau warna cetakan buram,” papar Bambang.

Ia mengaku masih ingin melihat hari pertama proses pelipatan di gudang KPU Tangsel. Model kertas suara Pilkada ini tidak terlalu besar, sama seperti saat Pilpres 2019 lalu.

**Baca juga: H-14 Nyoblos Pilkada, 1.001.874 Lembar Surat Suara di Tangsel Dilipat

Bambang menargetkan pelipatan dapat selesai selama tiga hari. Paling lambat lima hari kedepan, agar bisa langsung didistribusikan ke tujuh titik lokasi Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) di Kota Tangsel.

“Kalau memang di hari pertama butuh waktu tambahan kita akan melakukan upaya lembur,” ujarnya.(yud)

Berita Terbaru