oleh

Petugas dan Napi di Lapas Rangkasbitung Dites Urine

Kabar6-Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III bekerja sama dengan Polres Lebak melakukan tes urine puluhan petugas dan narapidana (Napi), Jumat (3/9/2021).

Tes urine dilakukan sebagai upaya pencegahan, pemberantasan dan pengendalian peredaran gelap narkotika (P4GN).

Kepala Lapas Kelas III Rangkasbitung Budi Ruswanto menegaskan, tes urine merupakan langkah dalam memerangi narkoba di lapas yang dikenal dengan wilayah yang zona hijau, zero narkoba dan zero problem.

“Kita mesti upaya deteksi dini secara terus menerus, kita harus cegah dan kendalikan agar wilayah ini tetap aman, bebas dari peredaran narkoba, HP dan pungli,” kata Budi dalam keterangannya.

Budi menegaskan, bersih dari narkoba bukan hanya slogan, namun harus dibuktikan dan diakui oleh seluruh pihak.

“Tadi sudah disaksikan oleh Kasat Narkoba, seluruhnya kita tes urine dan hasilnya alhamdulillah negatif semua. Pokoknya tidak ada tawar menawar, pakem kita bersinar, bersih dari narkoba. Saya akan tindak tegas dan proses hukum siapapun yang terlibat dan bermain dengan narkoba,” tegasnya.

**Baca juga: Pembelajaran Tatap Muka, PDIP Banten Minta Vaksinasi Anak Dipercepat

Kasat Narkoba Polres Lebak AKP Ilman Robiana mengingatkan agar siapapun harus bebas dari penyalahgunaan narkoba, terutama wilayah lingkungan lapas.

“Dalam upaya P4GN memang tidak bisa hanya kepolisan saja yang bertindak, seluruh pihak harus bahu membahu dalam memberantas narkoba. Sinergi yang baik dengan kalapas dan jajaran, kita tidak ingin ada peredaran di sini,” katanya.(Nda)

Berita Terbaru