oleh

Penyebab Haus Bukan Hanya Kurang Cairan Lho

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Rata-rata seseorang memerlukan sekitar 11 liter cairan tubuh untuk nutrisi sel dan pembuangan residu jaringan tubuh. Kelebihan cairan tubuh dikeluarkan melalui air seni. Kekurangan cairan tubuh menyebabkan seseorang kehausan dan akhirnya dehidrasi.

Nah, pernahkah Anda merasa haus yang terus menerus meskipun sudah mendapat asupan cairan yang cukup? Mengapa hal ini bisa terjadi? Dilansir dari laman Reader’s Digest, berikut uraiannya:

1. Garam
Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak garam bisa membuat tubuh dehidrasi, karena garam dapat menarik air dari sel-sel tubuh kita, serta mengurangi kekuatan tubuh untuk menghemat air. Kemudian, tubuh akan mengirim sinyal haus ke otak ketika berkurangnya kadar air di sel-sel tubuh. Kondisi inilah yang membuat kita merasa haus.

2. Olahraga
Olahraga di pagi hari memang menyehatkan, namun perlu diketahui jika tubuh akan berkeringat sehingga perlu lebih banyak cairan. Kehilangan cairan dalam tubuh melalui keringat bisa menyebabkan dehidrasi kalau kita tidak mengganti cairan yang telah keluar.

3. Kegiatan outdoor
Terlalu banyak waktu yang dihabiskan untuk melakukan aktivitas outdoor atau di luar ruangan membuat tubuh cepat dehidrasi karena paparan sinar matahari. Disarankan agar selalu membawa botol minum bila banyak menghabiskan waktu di luar rumah, sehingga kebutuhan cairan selalu terpenuhi.

4. Xerostomia
Merupakan kondisi mulut yang terasa kering, biasanya juga dibarengi dengan produksi air liur yang minim. Tubuh kita akan membutuhkan cairan lebih ketika kelenjar ludah dalam mulut tidak cukup memproduksi air liur. Itulah sebabnya mengapa kita akan merasa kehausan bila memiliki kondisi mulut yang kering.

5. Anemia
Tubuh bergantung pada sel-sel darah yang sehat untuk membawa darah ke seluruh tubuh. Anemia ringan bisa menyebabkan rasa haus berlebihan pada tubuh. Kondisi ini makin menjadi bila anemia kita makin memburuk. ** Baca juga: Mengapa Telinga Berdenging?

Jangan abaikan rasa haus yang mendera Anda dan kenali penyebabnya dengan pasti agar dapat diatasi secara tepat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru