oleh

Pemkab Lebak Anggarkan Beasiswa bagi Guru PAUD

Kabar6-Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya, menyampaikan, pemerintah kabupaten akan menganggarkan bantuan pendidikan berupa beasiswa Strata 1 (S1) bagi guru PAUD.

Hal itu dikatakan Iti saat membuka workshop peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan PAUD yang digelar Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kabupaten Lebak, di Hall Latansa Mashiro, Kamis (4/8/2022). Workshop diikuti oleh 604 guru PAUD

Iti mengatakan, anggaran beasiswa bagi guru PAUD dianggarkan pada APBD tahun 2023.

“Ini bentuk komitmen pemerintah daerah dalam mendukung tenaga pendidik untuk memperbaiki kualitas anak-anak bangsa,” kata Iti.

Dia menyambut baik workshop tersebut. Menurut Iti, anak usia dini berada pada masa golden age, di mana dalam proses tumbuh kembangnya memacu kecerdasan dan mentalitas.

“Untuk mewujudkan Kabupaten Lebak yang berdaya sering maka salah satunya harus diawali dengan keberhasilan pendidikan anak usia dini,” ujarnya.

“Saya berpesan bunda PAUD ikut serta mengawal dunia pendidikan usia dini, baik dari pembelajaran, guru dan anak didik dengan berpedoman pada konsep merdeka belajar untuk membentuk generasi yang cerdas, berkarakter positif dan berbudi luhur,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Himpaudi Lebak, Atin Anita Prihatin, menyebut, workshop merupakan upaya dalam meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini.

“Kami guru PAUD adalah guru yang dituntut serba bisa, terlebih saat ini tugas guru PAUD semakin berat, karena guru PAUD dituntut juga memberikan PAUD HI yang mencakup layanan gizi dan kesehatan, pendidikan dan pengasuhan, serta perlindungan untuk mengoptimalkan semua aspek perkembangan anak usia dini,” tutur Atin.

**Baca juga: Bareng Wartawan, Pangdam III/Siliwangi Baksos di Perkampungan Baduy

Kata dia, PAUD merupakan pondasi awal di mana anak usia dini mengembangkan seluruh macam aspek perkembangan sebelum anak melanjutkan ke jenjang SD, SMP, SMA bahkan perguruan tinggi. Hasil riset para ahli menyatakan l, bahwa 80% kecerdasan itu ada di usia PAUD yaitu 0-6 tahun.

“Kami harap Ibu Bupati selaku orang tua kami dapat memperhatikan guru PAUD, baik dalam kesejahteraan maupun peningkatan SDM,” katanya.(Nda)