oleh

Pembentukan 54 Kordinator Wilayah, PEPI Tangsel Targetkan Rampung di 2019

Kabar6-Pengembangan Ekonomi Perempuan Indonesia (PEPI) Kota Tangerang Selatan akan bentuk 54 koordinator wilayah di tingkat kelurahan. Hal itu diungkapkan Endang Sri Iriani selaku Ketua sekaligus founder PEPI Tangsel.

“Kami perempuan Tangsel, kami berdaya ekonomi dan kami mandiri. Kami targetkan 54 koordinator wilayah itu selesai di tahun 2019 ini,” tegas Endang, Sabtu (20/4/2019).

Endang menjelaskan, hingga saat ini PEPI Tangsel masih dalam tahap perekrutan kordinator wilayah dari 54 kelurahan di Tangsel.

Selain menargetkan koordinator wilayah, di 2019 ini PEPI Tangsel juga memfokuskan diri dalam pencapaian program kerja. “Pencapaian program kerja PEPI telah dbagi kedalam empat bidang,” jelasnya.

Target program kerja Bidang Organisasi PEPI adalah terbentuknya kepengurusan yang solid, tertib administrasi termasuk database anggota dan standar operating procedure (SOP) pengelolaan keuangan yang tepat.

“Tertib legalitas serta dapat membangun jaringan kerja dengan pihak pemerintah, BUBD, swasta dan perorangan menjadi target kerja lainnya di bidang organisasi,” ungkap Endang.

Di Bidang Keterampilan Ekonomi Perempuan, PEPI menargetkan Economic Skill Class (ESC) dapat dilaksanakan dua kali dalam satu bulan dan memiliki kelas khusus untuk ESC. Pengajar ESC dapat melaksanakan TOT minimal satu tahun sekali.

Kelas pilot project, PEPI Tangsel berkolaborasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPMP3AKB) Tangsel.

“Di kelas pilot project ini para member PEPI Tangsel berbagi bidang ilmu yang dipandu para mentor berkualitas di bidang pengajaran dan praktisi bisnis UMKM,” tuturnya.

Pendampingan usaha dengan menggandeng investor, PEPI Tangsel menggelar kelas kue kering yang diperuntukkan pada momen besar seperti momen lebaran dan lainnya.

“Melengkapi program tersebut, PEPI turut membantu 100 persen pemasarannya. Sehingga tercipta stimulus usaha rumahan yang menyentuh wilayah hilir sampai hulu,” beber Endang.

Di Bidang Pendampingan usaha Perempuan, PEPI menargetkan pendampingan usaha baru bagi perempuan minimal 10 orang.

Pelaksanaan pelatihan managemen usaha tiap bulan dengan peserta 30 orang serta membuat modul teknis pengelolaan usaha.

“Untuk target bidang akses pemasaran bersama dapat memberikan peluang pemasaran dari hasil industry rumahan yang termasuk kedalam 16 sub sector ekonomi kreatif,” ungkapnya.

Endang juga menuturkan bahwa PEPI Tangsel terus aktif mengikuti kegiatan dan kunjungan demi menambah wawasan member PEPI itu sendiri.

**Baca juga: Milad Pertama, PEPI Tangsel Komitmen Kembangkan Wawasan Member.

Sementara, Camat Serpong Utara melalui Kasie Eksbang Zulkifli, mengaku bahwa kehadiran PEPI di Tangerang Selatan menjadi pionir pemberdayaan wanita mandiri yang berdaya ekonomi.

Zulkifli berharap, PEPI Tangsel dapat mengembangkan keanggotaan dan tetap semangat untuk mencapai masa depan yang lebih baik.

“PEPI Tangsel merupakan wadah bagi para wanita mandiri yang berdaya ekonomi,” pungkasnya. (fit)

Berita Terbaru