oleh

Naik Motor Kurangi Stres?

Kabar6-Sebuah penelitian yang bertujuan untuk menggali lebih dalam tentang manfaat fisik berkendara, dilakukan oleh Harley Davidson yang bekerjasama dengan perusahaan Milwaukee serta Semel Institute for Neuroscience and Human Behavior UCLA..

Penelitian ini, melansir Dreamers, dilakukan kepada 50 pengendara. Semua pengendara terhubung dengan mobile electroencephalogram (EEG). Alat semacam shower cap ini ditutupi dengan elektroda yang bisa mendeteksi aktivitas otak. Pemantauan aktivitas otak dengan teknologi EEG tadi dilakukan sebelum perjalanan, saat berkendara, dan saat beristirahat untuk melihat perbandingan efeknya terhadap otak.

Hasilnya, perjalanan dengan mengendarai sepeda motor bisa menurunkan stres partisipan sekira 28 persen. Hanya saja, detak jantung meningkat menjadi 11 persen dan tingkat adrenalin naik 27 persen dalam 20 menit berkendara. Tingkat fokus dan kewaspadaan partisipan juga ikut meningkat. ** Baca juga: Selain Salurkan Hobi, Merajut Juga Miliki Manfaat Kesehatan

Kegiatan mengendarai sepeda motor patut dicoba untuk menghilangkan stres. Disarankan untuk memilih rute perjalanan yang menyenangkan dan memiliki panorama indah.(ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru