oleh

Lelang Berlian Merah Mudah Berharga Fantastis Rp641 Miliar

Kabar6-Sebuah berlian merah muda berukuran besar yang dijuluki Pink Legacy, dilelang dengan harga yang sangat fantastis. Berlian warisan seberat 18,96 karat itu dihargai Rp641 miliar.

Batu permata langka tersebut, melansir livescience, dipasang pada sebuah cincin platinum yang dikelilingi oleh beberapa berlian yang lebih kecil. Semula berlian itu diharapkan terjual seharga US$50 juta. Namun pemenang lelang berhasil memenangkan lelang seharga US$44 juta. Berlian merah muda yang lain biasanya mengandung warna cokelat, oranye, abu-abu atau ungu.

Nah, Pink Legacy berwarna merah muda alami karena proses pembentukan selama bertahun-tahun. Kualifikasi itu diberikan hanya untuk 1 dari 100 ribu berlian oleh Gemological Institute of America (GIA). “Tidak biasanya berlian merah muda terjadi dengan kedalaman warna dan kejenuhan yang kuat dalam ukuran apa pun,” kata perwakilan GIA kepada rumah lelang Christie.

Berlian merah muda yang mewah dan tajam, menurut Christie, jarang memiliki berat lebih dari seperlima dari karat, dan hanya empat berlian yang diidentifikasi sebagai lebih dari 10 karat yang telah ditawarkan untuk dilelang dalam wahtu hampir 250 tahun.

Jadi apa yang memberi warna merah muda pada berlian mereka yang tidak biasa ini? Beberapa peneliti menyatakan bahwa berlian merah muda dapat diciptakan oleh gangguan fisik yang intens terhadap struktur molekul selama pembentukan. Getaran seismik di bawah tanah, misalnya, bisa menggeser struktur kristal berlian, menghasilkan cacat yang bisa menghasilkan rona kemerahan. ** Baca juga: Ukuran Donor Tidak Pas, Dokter Iris Membran yang Menutup Jantung Pasien

Disebutkan, Pink Legacy adalah intan terbesar sebagai berlian berwarna dibanding dengan berlian mentah lain yang ditemukan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru