oleh

Ukuran Donor Tidak Pas, Dokter Iris Membran yang Menutup Jantung Pasien

Kabar6-Peristiwa langka terjadi di Rumah Sakit Apollo, Kota Hyberabad, India. Di tengah-tengah operasi transplantasi jantung, ternyata donor yang disediakan tidak sesuai dengan tubuh penerima.

Hal ini dialami oleh seorang pria yang mengalami gagal jantung stadium akhir. Dokter yang melakukan operasi pada pria berumur 56 tahun itu, melansir doktersehat, sontak terkejut saat mengetahui bahwa donor jantung yang disediakan ukurannya jauh lebih kecil dari tubuh pria tadi. Rupanya, donor jantung ini didapatkan dari remaja berusia 17 tahun yang baru saja mengalami mati otak. Ukuran jantung yang hanya sekepalan tangan ini sangat kontras dengan jantung milik pasien yang harus diganti.

Dr. Krishna Gokhale, salah satu dokter yang terlibat dalam operasi ini menyebutkan, awalnya tim dokter sempat kebingungan. Namun, karena merasa sudah tidak ada waktu lagi untuk mencari donor jantung lain dan pasien sedang dalam kondisi kritis, dokter akhirnya tetap mempertahankan jantung milik pasien yang lama. Hanya saja, pada bagian jantung bernama pericardium, semacam membran yang menutup jantung, diiris agar bisa ditempatkan jantung yang baru. Selanjutnya, jantung baru ini dikaitkan dengan jantung lama sehingga bisa berdetak bersamaan dan memastikan aliran darah pada tubuh tetap berjalan dengan lancar.

Setelah memakan waktu selama tujuh jam, operasi tersebut akhirnya selesai, dan pria ini berada dalam kondisi stabil. Diketahui, dalam dunia medis apa yang dilakukan dokter ini disebut sebagai piggyback heart transplant dan baru dilakukan 150 kali saja sepanjang sejarah. ** Baca juga: Konsumsi Daging Anjing Jadi Cara Warga Korut Atasi Gelombang Udara Panas

Meskipun demikian, pasien yang tidak disebutkan namanya itu diminta untuk berhati-hati dengan jantung barunya karena jika sampai bermasalah kembali, dokter akan kesulitan menemukan jantung yang mana yang harus disembuhkan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru