oleh

Konsumsi Pisang dalam Jumlah Berlebih Bikin Berat Badan Naik?

Kabar6- Pisang adalah buah tropis yang disukai banyak orang. Buah yang satu ini bisa diolah menjadi berbagai minuman dan makanan, atau dimakan langsung. Selain enak, pisang juga sehat karena mengandung berbagai zat yang baik untuk tubuh.

Hanya saja, karena pisang bisa membantu perut menjadi lebih kenyang, sebagian orang yakin bahwa mengonsumsi pisang dalam jumlah banyak bisa membuat berat badan naik? Benarkah demikian?

Meski sering dijadikan sebagai salah satu menu makanan untuk diet, melansir doktersehat, sebenarnya pisang memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. Pisang dengan ukuran 118 gram mengandung 105 kalori, 27 gram karbohidrat , serat sebanyak 3 gram, 0,3 gram lemak, dan protein sebanyak satu gram. Selain itu, kita juga bisa menemukan vitamin C, kalium, mangan, magnesium, dan vitamin B6 dalam jumlah yang cukup tinggi.

Pakar kesehatan menyebutkan, konsumsi pisang sebaiknya dilakukan sebagai camilan di antara waktu makan atau saat kita merasa lapar sebelum jam makan tiba.

Hal ini berarti, jika kita makan pisang sebagai pengganti makan besar, tidak akan memberikan manfaat secara signifikan, disebabkan oleh kadar lemak dan proteinnya yang cenderung rendah.

Meski memiliki kadar kalori dan karbohidrat yang cukup tinggi, kita tidak bisa mempertahankan rasa kenyang dalam waktu yang lama setelah makan pisang. Bisa jadi kita akan tetap tertarik untuk mengonsumsi camilan lainnya atau justru menambah asupan pisang.

Nah, apabila hal ini terjadi, asupan kalori bisa berlebihan dan akhirnya berimbas pada kenaikan kadar gula darah dan berat badan. ** Baca juga: Hindari 6 Kalimat Ini Saat Seseorang Alami Gangguan Tidur

Lantas, berapa banyak asupan pisang yang dianggap ideal? Pakar kesehatan menyarankan untuk mengonsumsinya satu hingga tiga buah saja setiap hari, karena dianggap aman dan bisa memberikan manfaat kesehatan. (ilj/bbs)

Berita Terbaru