oleh

Kompolnas Usulkan Pasang CCTV di Resort Tangsel untuk Tekan Kejahatan

Kabar6-Masyarakat diharapkan dapat membantu memberikan informasi pada polisi jika mereka mengetahui keberadaan para pelaku kejahatan. Inisiatif itu diperlukan untuk meminimalisir angka kasus kejahatan, termasuk di wilayah hukum Polres Tangerang Selatan (Tangsel).

Demikian diungkapkan anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), Poengky Indarti kepada kabar6.com, dikutip Jum’at (23/9/2022).

“Mengingat jumlah polisi terbatas sehingga membutuhkan bantuan masyarakat, serta bersama-sama pemerintah daerah dan swasta melakukan koordinasi pengamanan wilayah,” ungkapnya.

Misalnya, Poengky sebutkan, dengan mendorong pemasangan CCTV oleh pemerintah daerah dan pihak swasta yang diintegrasikan dengan pusat komando (command center) polres. Tindakan pencegahan kejahatan ini seharusnya lebih diutamakan agar jangan sampai marak kejahatan di wilayahnya.

Menurutnya, tugas polisi adalah melindungi, mengayomi, melayani masyarakat dan menegakkan hukum untuk mewujudkan harkamtibmas. sehingga selain harus dapat mengejar dan menangkap para pelaku kejahatan, polisi juga harus mengupayakan pencegahan kejahatan melalui tindakan preventif dan preemtif.

“Antara lain melalukan patroli keamanan secara berkala, mengajak tokoh-tokoh masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan wilayah,” terang Poengky.

**Baca juga: Polsek Cisauk Ciduk Dua Pelaku Penyalahgunaan Gas Elpiji Bersubsidi

Sementara itu, hingga berita ini diturunkan kabar6.com masih berupaya mengkonfirmasi Kapolres Tangsel, AKBP Sarly Sollu. Pesan singkat yang dikirim belum direspon.

Diketahui, dalam sebulan terakhir ini ada empat kasus di wilayah hukum Polres Tangsel yang belum terungkap. Keempat kasus itu bahkan sampai viral di berbagai media sosial.(yud)