oleh

KMP Rishel Tabrak Dermaga 4 di Pelabuhan Merak

Kabar6-KMP Rishel menabrak fender dan dolpin Dermaga 4 Pelabuhan Merak, Kota Cilegon. Kapal milik PT Surya Timur Line itu menabrak dermaga, di duga karena terseret kuatnya arus air laut. Peristiwa itu terjadi Kamis malam, 28 Januari 2021 sekitar pukul 22.00 wib, ketika akan sandar ke dermaga 4.

“Itu terjadi karena arus kuat saat kejadian. Saat olahraga gerak, kapal terseret arus. Karena terseret, kapal menubruk dolphin dan fender,” ujar Kepala Pos Kesyahbandaran Pelabuhan Penyeberangan Merak, Suharso dikonfirmasi, Jumat (29/1/2021).

Akibat kejadian tersebut, kapal mengalami kerusakan di buritan dengan panjang 1 meter dan lebar sekitar 0,5 meter.

“Selain buritan kapal robek, seagle rantai pada fender nomor 3 putus sebanyak 3 buah,” ungkapnya.

Pasca kejadian, kapal kemudian berusaha melakukan olah gerak namun masih tetap mengalami kesulitan. Saat itu, kapal berusaha disandarkan di Dermaga 5. Baru kemudian sekitar pukul 01.10 WIB, kapal bisa bersandar tanpa kendala.

“Sandarnya di Dermaga 5. Setelah dicek dalam berita acara, tidak ada laporan kendaraan penumpang mengalami kerusakan. Tidak ada juga korban jiwa,” tuturnya.

**Baca juga: ASDP Merak Bantah Fasilitas Dermaga Eksekutif di Bawah Standar

Kapal setelah bersandar dan bongkar muatan langsung diengkerkan. Saat ini, kejadian kecelakaan kapal tersebut dalam pemeriksaan Marine Inspector dan KSOP Banten.

“Kapal itu saya perintahkan engker. Kita suruh perbaikan dahulu. Kalau sudah perbaikan, kami periksa, nanti kalau sudah laik, baru bisa jalan lagi,” pungkasnya.(Dhi)

Berita Terbaru