oleh

Kemenag Tangsel Layani Jemaah Calhaj Bikin Eazy Paspor

Kabar6-Kementerian Agama (Kemenag) sudah membatalkan pemberangkatan jemaah calon haji 1441 Hijriah Meski demikian pembuatan paspor bagi calon haji tetap dilakukan, Rabu 8 Juli 2020.

Proses pembuatan paspor ini Kemenag Tangsel menggandeng Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang. “Pelayanan ini khusus jamaah jaji tahun 2020 yang batal berangkat,” kata Kepala Kemenag Tangsel Abdul Rojak, Rabu (8/7/2020).

Terpisah, Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Tangsel, Tutun HS menerangkan, pembuatan paspor untuk seluruh calon jamaah haji Tangsel memakan waktu dua hari.

“Adanya kerja sama ini mempermudah jemaah haji Tangsel dalam pembuatan paspor. Dalam rangka menjalankan protokol kesehatan, pembuatan Eazy Passport ini dilakukan dalam dua hari agar jemaah tidak berjubel atau bertumpuk,” jelas Tutun.

Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang, Felusia Sengky Ratna menjelaskan, dalam jemput bola pembuatan paspor, pihaknya tetap menerapkan protokol kesehatan.

Para petugas mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) dalam melayani pemohon, lengkap dengan membawa alat foto dan wawancara sendiri.

Para pemohon menunggu giliran foto dan wawancara dengan saling menjaga jarak dan mengenakan masker. Petugas akan memanggil nama pemohon satu per satu untuk pemeriksaan berkas.

**Baca juga: 3 Pasangan Mesum Terjaring Razia di BSD.

Setelah itu, pemohon akan diarahkan untuk ke konter foto dan wawancara. Pemohon diwajibkan memakai hand sanitizer yang tersedia pada setiap konter sebelum pengambilan sidik jari dan data biometrik.

“Eazy Passport bertujuan untuk meningkatkan pelayanan paspor kepada masyarakat di masa pandemi COVID-19,” tutup Felusia.(eka)

Berita Terbaru