oleh

Kekeringan, Rano Bakal Ajak MUI Salat Istisqa

Kabar6-Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Banten, Rano Karno, bakal mengajak jajarannya dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) setempat, untuk menggelar salat meminta hujan atau salat Istisqa.

 

Langkah itu akan ditempuh, menyusul kemarau panjang berdampak kekeringan yang melanda wilayah Banten, beberapa bulan terakhir.

 

“Saya akan menghubungi MUI untuk pelaksanaan salat Istisqa ini, saya upayakan salat ini akan segera dilaksanakan dalam waktu dekat,” ujarnya, Senin (3/8/2015).

 

Sementara, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) provinsi Banten, Komari, mengatakan saat ini tercatat sudah ada 61 kecamatan di Banten yang mengalami kekeringan.

 

“Kecamatan itu tersebar di delapan kabupaten kota di Banten. Sedangkan kondisi terparah terjadi di Kabupaten Lebak dan Kabupaten Pandeglang,” ujarnya. ** Baca juga: Bupati Zaki Imbau Petani Padi Beralih ke Hortikultura

 

Terkait masalah anggaran, Komari mengaku bila pihaknya sudah melakukan rapat di BPBD pusat. Dalam rapat itu, juga diajukan anggran, meski pusat lebih mengutamakan daerah yang sudah siaga darurat, seperti Lebak.

 

“Selama musim kemarau, kami akan melakukan suplai air bersih di tiap kecamatan,” ujarnya.(fir)

Berita Terbaru