oleh

Jelang Diaktifkan, Bawaslu Pandeglang Pantau Rekam Jejak Panwascam

Kabar6-Bawaslu Pandeglang bakal mengevaluasi Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) sebelum mereka diaktifkan kembali. Diketahui sebelumnya Anggota Panwascam dinonaktifkan lantaran Pilkada batal digelar bulan September dan digeser ke bulan Desember 2020 setelah pandemi Covid-19.

“Tanggal 15 Juni kita akan mengaktifkan kembali Panwas kecamatan. Itu kita evaluasi selama mereka itu off atau di nonaktifkan,” kata Ketua Bawaslu Pandeglang Ade Mulyadi, Jum’at (12/6/2020).

Evaluasi yang dilakukan oleh Bawaslu, khawatir selama mereka dinonaktifkan masuk ke salah satu partai, atau menjadi tim sukses salah satu bakal calon pasangan calon. Jika temukan Bawaslu akan melakukan Pergantian Antar Waktu (PAW).

“Apakah mereka masuk ke partai politik, atau masuk tim kampanye pasangan calon atau tim sukses, yang berafiliasi kepada salah satu calon. (Kalau ditemukan) Kita akan minta klarifikasi, kalau terbukti kita akan berhentikan atau PAW,” kata Ade.

Ade mengatakan, setelah ada jumlah penambahan TPS di Pilkada Pandeglang, tentu Bawaslu membutuhkan tambahan anggaran untuk menyebarkan petugas PTPS di tiap-tiap TPS.

Namun Bawaslu diperkirakan tidak mengusulkan tambahan anggaran lantaran APBD Pandeglang terkuras untuk penanganan Covid-19.

**Baca juga: Pandemi Corona, Pemkab Pandeglang Kucurkan Rp135 Miliar.

“Tapi karena kondisi keuangan daerah yang juga di pake untuk Covid-19. kita restrukturisasi anggaran di Bawaslu hasil NPHD kemarin. Kita siap melakukan Pilkada mulai dari Bawaslu Kabupaten kecamatan panwas desa sampai ke tingkat pengawas TPS,”tutupnya.(Aep)

Berita Terbaru