oleh

Jangan Terlalu Percaya dengan 5 Mitos Diet Ini

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Diet sudah menjadi hal biasa di kalangan kaum hawa. Maklum, sebagian besar wanita memang sangat terobsesi memiliki tubuh ramping, bahkan cenderung kurus.

Sayangnya, tidak sedikit yang gagal menjalani program diet, karena berbagai alasan. Salah satunya bisa jadi karena Anda mempercayai beberapa mitos tentang diet yang ternyata salah. Dikutip dari Pesona, ini dia mitos diet yang dimaksud:

1. Jangan makan sebelum tidur
Mitos ini beredar karena ada anggapan bahwa makan malam menjelang tidur akan mempercepat penimbunan lemak dalam tubuh. Padahal, mitos ini tidak sepenuhnya benar.

Makan malam tidak akan menimbun lemak asal asupannya tidak berlebihan, atau terlalu banyak karbohidrat, serta diimbangi aktivitas fisik harian yang cukup. Proses pencernaan dan pembakaran energi berlangsung kapan saja, bahkan saat kita tidur.

2. Menimbang badan sebelum tidur adalah paling akurat
Anda justru harus menimbang saat pagi hari. Alasannya, pada malam hari berat badan menjadi paling berat dibanding dengan waktu-waktu lainnya dalam sehari. Hal ini disebabkan karena Anda telah makan pagi, siang, dan malam plus ngemil.

Banyak yang lupa bahwa tubuh akan membakar energi saat malam dan menyeimbangkannya keesokan harinya. Pada pagi hari, berat badan kita sudah kembali seperti semula.

3. Minum es bikin gemuk
Dengan atau tanpa es, setelah makan, lemak tetap akan larut dan masuk dalam sistem pencernaan yang selanjutnya akan terserap oleh tubuh. Hal yang harus dihindari bukanlah es, tapi lemak dari makanan itu sendiri.

4. Jarang BAB artinya metabolisme tubuh rendah
Metabolisme adalah kemampuan tubuh membakar kalori agar tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan optimal. Bertambah besarnya metabolisme menandakan banyaknya mitokondria dalam otot (generator tubuh untuk menghasilkan energi).

Karena itu, bila otot-otot dilatih dan diikuti nutrisi yang tepat, maka umumnya metabolisme tubuh meningkat. Tubuh pun memiliki energi untuk menjalankan organ-organ tubuh secara maksimal, termasuk memaksimalkan fungsi saluran cerna.

5. Makan dalam porsi kecil dan sesering mungkin
Makan dalam porsi kecil dan sering untuk orang sehat justru merangsang untuk makan lebih banyak dari yang seharusnya. Hati-hati dengan makanan ‘kecil’ yang biasanya malah berkalori tinggi.

Disarankan untuk makan pada setiap jam makan (pagi, siang, dan malam) dalam porsi yang seimbang. Mitos ini hanya berlaku jika Anda menderita penyakit maag atau sedang menyusui. ** Baca juga: Mengapa Seseorang Miliki ‘Mata Panda’?

Berdiet bukan berarti harus menyiksa diri, bukan? (ilj/bbs)

Berita Terbaru