oleh

Investor Asing Kuasai Kota Cilegon

Kabar6-Daya tarik Kota Cilegon ibarat magnet bagi para investor bidang industri. Faktanya, kini semakin banyak investor yang menanamkan modalnya diwilayah yang berada di ujung barat laut jawa itu.

Tahun 2015, dari sedikitnya 18,8 trilun investasi yang masuk, lebih dari 50 persennya didominasi investor asing. Dan, ini menjadi bukti bila perkembangan industri di Kota Cilegon tiap tahun terus meningkat.

Merujuk data Badan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal (BPTPM) Kota Cilegon, banyaknya investasi yang masuk berasal dari pihak asing, sesuai dengan kebijakan pemerintah pusat yang membuka ruang bagi investor asing untuk mengembangkan modalnya di daerah.

Beberapa investor yang telah masuk dan berinvestasi di Kota Cilegon, bahkan tertarik untuk mengembangkan industri semen dan baja.

“Investasi yang masuk sudah 18,8 triliun. Kebanyakan itu dari Penanaman Modal Asing (PMA), yang lebih dari 50 persen,” Kepala BPTPM Kota Cilegon, Ahmad Dita Prawira, Sabtu (15/8/2015).

Seiring dengan meningkatnya PMA ke Cilegon, Ahmad pun mengaku bila pihaknya kini makin memperketat persyaratan investasi para investor, dengan mengajukan syarat lokal guna mengakomodir pekerja lokal. **Baca juga: Rano Perintahkan “Sapu Bersih” Gambar Atut di Banten.

”Kita sudah ada perusahaan semen Jakarta, besi yang siap buka di Cilegon, tapi syaratnya ya itu, kita (pemerintah) ajukan syarat lokal lah, biar pekerjanya juga dari kita,” tutupnya.(sus)

Berita Terbaru