oleh

Indeks SPBE Lebak Peringkat Pertama se-Banten

Kabar6-Indeks sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak tahun 2019 menduduki peringkat pertama se-Provinsi Banten.

Indeks SPBE kabupaten yang baru dilanda bencana banjir dan longsor ini 3,52 mengalahkan Kota Tangerang yakni 3,44 dan Kota Tangerang Selatan 3,21.

“Ada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 95 Tahun 2018 terkait sistem pemerintahan berbasis elektronik, kalau dulu itu e-Goverment. Itu diukur indeks di masing-masing daerah,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Lebak, Doddy Irawan, kepada Kabar6.com, Senin (24/2/2020).

Capaian itu kata Doddy tidak lepas dari apa yang dilakukan Pemkab Lebak melakukan pendekatan teknologi informasi yang dapat dipergunakan.

“Ini tantangan buat kami menjaga ini dan meningkatkan lebih baik lagi,” ujarnya.

Meski indeks SPBE terbaik, akan tetapi, masih terdapat kelemahan dalam berbagai aspek yakni kebijakan tata kelola, kebijakan layanan, layanan publik, kelembagaan, layanan administrasi pembangunan, TIK dan strategi dan perencanaan.

“Ada beberapa yang nilainya masih kecil yang perlu ditingkatkan seperti kebijakan layanan SPBE, kebijakan tata kelola SPBE dan kelembagaan,” sebut Doddy.

**Baca juga: Sambal Lebak Tembus Pasar Modern Abu Dhabi.

Jika dulu hanya berbicara pada tatanan aplikasi dapat membantu, tetapi tidak pernah aplikasi sejalan dengan kebijakan dan regulasi.

“Artinya ketika aplikasi ada, ada tool yang mendukung, kadang kita lupa soal itu dan itu yang kita perbaiki. Kemudian yang menjadi tantangan terberatnya lagi adalah infrastruktur,” katanya.(Nda)

Berita Terbaru