oleh

Hati-hati, Parfum Beraroma Kuat Bisa Bikin Anda Sakit

Kabar6-Meskipun membuat percaya diri, memakai parfum pun ada aturannya, lho. Menurut hasil studi yang diterbitkan dalam Preventive Medicine Reports, menggunakan parfum atau pengharum ruangan yang memiliki aroma sangat kuat atau menyengat ternyata bisa menimbulkan masalah kesehatan yang serius.

Penelitian yang dilakukan melalui survei yang melibatkan 1.098 responden itu, melansir Menshealth, menunjukkan bahwa sebanyak 33 persen orang mengaku mengalami sedikitnya satu hingga dua masalah kesehatan akibat menghirup produk wewangian. Dari sekian persen yang terganggu dengan wewangian tersebut, 17 persen dilaporkan mengalami masalah pernapasan seperti sulit bernapas, batuk-batuk atau napas pendek.

Gangguan kesehatan lainnya yang dialami akibat aroma produk yang terlalu kuat termasuk migrain, iritasi mata, bersin-bersin, pusing, sakit kepala, mual hingga diare. Bukan sekadar gangguan kesehatan ringan, tapi dampak negatif produk beraroma ini cukup parah dialami delapan persen orang hingga membuat mereka izin sakit dari kantor.

Sebanyak 16 persen orang yang disurvei mengaku penyegar ruangan menjadi penyebab terbesar dari masalah kesehatan yang mereka alami. Sementara itu ada 15 persen orang yang melaporkan sakit akibat wewangian yang terdapat dalam cairan pembersih.

Diketahui, banyak produk pembersih maupun pengharum ruangan melepaskan polutan berbahaya ke udara. Beberapa di antaranya bahkan bersifat karsinogenik, atau berpotensi meningkatkan risiko kanker. “Efeknya bisa cepat, parah, dan berpotensi melumpuhkan,” kata Anne Steinemann, Ph.D., penulis penelitian.

Karena itulah disarankan agar tidak terlalu sering menggunakan produk-produk beraroma sintetis, baik itu parfum, pembersih lantai, sabun cuci piring maupun sabun mandi yang memiliki wewangian mencolok dan sangat kuat. Jadi Anda tidak memakainya terlalu banyak, dan hanya secukupnya saja. ** Baca juga: Mengapa Wanita Lebih Sulit Turunkan Berat Badan Ketimbang Pria?

Ketika menyemprotkan penyegar ruangan, pastikan ventilasi di rumah sudah cukup baik untuk menjamin perputaran udara terjadi dengan maksimal. Bila perlu, pilih produk dengan bahan-bahan alami yang aromanya pun berasal dari material alami atau organik.(ilj/bbs)

Berita Terbaru