oleh

Hasil Audit Dana Kampanye 11 Parpol di Kota Tangerang Memuaskan

Kabar6–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang secara resmi telah menyerahkan hasil audit laporan dana kampanye partai politik peserta Pemilu 2014 di wilayahnya, Minggu (1/6/2014).

Dari 12 partai politik peserta Pemilu tingkat Kota Tangerang, 11 diantaranya dinilai memuaskan hasil laporan dana kampanyenya oleh Kantor Akuntan Publik (KAP) yang ditunjuk KPU Provinsi Banten.

“Hanya PBB yang tidak ada hasil laporan audit dana kampanyenya. 11 partai lain dinilai tidak ada masalah oleh KAP,” kata Wahyul Furqon, Kepala Divisi Hukum KPU Kota Tangerang di Gedung KPU Kota Tangerang, Jalan Nyi Mas Melati 16.

Menurutnya, kewenangan audit laporan dana kampanye partai politik peserta Pemilu sepenuhnya ada di tangan KAP. Sehingga, hasil yang disampaikan KPU Kota Tangerang kepada partai politik merupakan hasil yang sudah valid dari KAP.

“Kami tidak ikut campur dalam proses audit maupun hasil yang dilakukan KAP. Jadi, kalau dianggap memuaskan itu hasil penilaian KAP, bukan KPU,” jelasnya.

Dalam penyempaian hasil laporan audit dana kampanye itu, dihadiri 6 perwakilan partai politik peserta Pemilu Legislatif 2014 tingkat Kota Tangerang, antara lain, PKS, PKB, PAN, Nasdem, Golkar, dan Demokrat.

Sementara Partai Gerindra, PKPI, PDI Perjuangan, Hanura, dan PPP, meski dinyatakan juga memiliki hasil memuaskan dalam penilaian KAP, tidak hadir dalam acara tersebut. **Baca juga: Mertua Walikota Tangerang Deklarasikan BKR Anti Korupsi.

“Mereka yang tidak hadiri hari ini, akan kami sampaikan hasil audit laporan dana kampanye mereka di kemudian hari. Namun, secara keseluruhan, 5 (lima) partai lain yang tidak hadir, juga tidak ada masalah dalam laporan dana kampanye mereka. Sehingga tidak ada satupun dari 11 Partai maupun calegnya yang akan terkena diskualifikasi,” tandasnya.(iqmar)

Berita Terbaru