oleh

Errornya Website PPDB SMA/K, TRUTH Duga Disengaja Agar Calo Bebas Berkeliaran

Kabar6-Tangerang Public Transparency Watch (TRUTH) menduga adanya keterkaitan percaloan ‘jual-beli bangku’ dengan errornya website pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) milik Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Banten.

“Persoalan seperti ini (website PPDB eror) terus berulang setiap tahun. Anggaran untuk pembuatan websitenya tentu tidak murah, namun seolah dibiarkan karena dianggap sudah biasa, kayak nya disengaja biar calo bebas berkeliaran,” ujar Wakil Koordinator TRUTH Jupri Nugroho kepada Kabar6.com, Selasa (22/6/2021).

Hal itu, menurut Jupri, patut diduga karena tidak adanya keterangan resmi ataupun penjelasan dari Disdik Provinsi Banten mengenai permasalahan ini.

“Mengenai errornya website PPDB sebagai disengaja, jangan sampai website error dijadikan oknum tidak bertanggung jawab untuk memasukan calon peserta didik melalui jalur tidak resmi yang justru merugikan masyarakat yang benar-benar membutuhkan,” ungkapnya.

Jupri mengungkapkan, sulitnya masyarakat dalam mengakses website tersebut ditambah dengan kurangnya penjelasan pejabat terkait soal mekanisme dan petunjuk dalam pendaftaran.

Belum lagi, imbuh Jupri, masyarakat dibatasi dengan adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro.

“Masyarakat dihadapkan dalam situasi sulit tidak ruang bagi masyarakat untuk sekedar mencari tahu atas persoalan yang terjadi karena tidak ada kanal pengaduan yang disediakan oleh Disdik Provinsi Banten,” ungkap Jupri.

**Baca juga: Steven Coconuters Positif Covid-19 Meninggal di RS Medika BSD

Jupri menjelaskan, ketika masyarakat datang ke sekolah justru pihak sekolah tidak dapat memberikan jawaban atas errornya website tersebut.

“Ditambah adanya larangan berkerumun, ini bisa saja dihindari jika sedari awal pihak terkait menyediakan kanal pengaduan sekaligus konsultasi,” tutupnya.(eka)

Berita Terbaru