oleh

Dikira Hanya Gundukan Tanah Biasa, Ternyata Bekas Rumah Mayat Bangsa Viking

Kabar6-Sebuah rumah mayat yang berasal dari zaman Viking dengan ukuran lima kali tiga meter ditemukan selama penggalian tanah pemakaman salah satu pertanian zaman Viking di Trondelag, Norwegia.

Para arkeolog yang meneliti bangunan tersebut, melansir phys, sepakat bahwa bangunan dari masa lampau itu dibangun dengan kokoh. Bangunan tersebut dibangun dari papan-papan yang berdiri dengan gaya menyerupai gereja-gereja pada masa awal. Satu-satunya yang tersisa dari bangunan tersebut hanyalah parit persegi panjang, dengan sedikit kesan dari rumah tersebut, dan juga beberapa batu penahan tempat tembok itu dulu didirikan.

Meskipun gaya bangunannya khas Zaman Viking, rumah mayat ini jauh dari kata biasa. “Kita dapat melihat bahwa rumah itu pernah berdiri di tengah gundukan pemakaman,” kata Sauvage, manajer proyek penggalian. “Gundukan kuburan itu sendiri juga hilang, tetapi parit cincin yang dulu mengelilingi gundukan itu telah terisi dan kini meninggalkan jejak.”

Parit itu membentuk lingkaran di tempat yang dulunya gundukan kuburan itu berada. Hal itu dapat membantu para peneliti untuk dapat melihat bahwa rumah mayat tersebut dulu berada tepat di tengah gundukan itu.

Rumah mayat tadi ditemukan di bawah penggalian bidang kuburan Zaman Viking di wilayah Norwegia tengah. Sementara penggalian itu dilakukan sebagai persiapan untuk pembangunan jalan raya di wilayah tersebut

Namun sebagian besar peneliti percaya bahwa rumah-rumah ini lebih banyak berkaitan secara simbolik daripada yang praktisnya. ** Baca juga: Wuih, Pengemis di Tiongkok Sudah Gunakan QR Code untuk Terima Sedekah

“Mereka dapat dibandingkan dengan kuburan kapal, sebuah kebiasaan yang dipraktikkan pada saat yang sama dengan rumah mayat, sebagaimana kapal tersebut telah ditafsirkan sebagai kapal yang akan membawa arwah ke tanah orang mati,” terang Sauvage.(ilj/bbs)

Berita Terbaru