oleh

Wuih, Pengemis di Tiongkok Sudah Gunakan QR Code untuk Terima Sedekah

Kabar6-Cashless payment atau transaksi non tunai sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat, terutama di kota-kota besar. Cashless payment ini biasanya digunakan untuk belanja di supermarket, pembayaran tol, transaksi bisnis, dan lain sebagainya.

Nah, di Tiongkok pengguna cashless payment ini datang dari berbagai golongan. Semua orang di sana sudah terbiasa menggunakan pembayaran non tunai tersebut, bahkan untuk pengemis pun mereka sudah mulai menggunakan cashless payment.

Jadi saat Anda tidak membawa uang cash, melansir keepome, pengemis akan menyodorkan kode QR untuk dipindai melalui aplikasi pesan singkat WeChat. Ternyata selain menerima uang dengan menggunakan QR Code, para pengemis di Tiongkok pun biasa meminta dan menerima sumbangan lewat aplikasi WeChat. Dan menurut China Daily, praktik ini sudah terjadi sejak 2017 silam.

Penggunaan QR Code oleh pengemis di Tiongkok sebenarnya bukan hal yang aneh. Hal ini tidak lepas dari besarnya pengguna cashless payment di Negeri Tirai Bambu tersebut. ** Baca juga: Ditemukan Kerangka Mumi Misterius di Depan Stasiun Bawah Tanah Italia yang Petinya Dikelilingi Paku

Bayangkan apabila hal itu dilakukan pengemis di sini.(ilj/bbs)

Berita Terbaru