Cuaca Buruk, Kemendag Siapkan Langkah Pengiriman Bahan Pokok Lewat Udara

Kemendag gelar Rakor Natal dan Tahun Baru. (dhi)

Kabar6-Jika cuaca buruk kembali terulang yang mengakibatkan gelombang tinggi di Pelabuhan Merak, Kementrian Perdagangan (Kemendag) menyiapkan langkah pengiriman bahan pokok melalui udara.

“Misalkan cuaca itu yang tidak bisa gunakan angkutan laut. Jika situasi urgent sekali, kita bisa gunakan angkutan udara,” Tjahya Widayanti, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri, Kemendag, usai melaksanakan rakor persiapan Natal dan tahun baru di Kota Serang, Banten, Kamis (7/12/2017).

Namun, salahsatu langkah termudahnya adalah masyarakat lebih memilih menggunakan produk dalam negeri. Karena barangnya mudah ditemui di tengah masyarakat. Oleh karena itu, Kemendag menggelar sosialisasi 100% Gunakan Produk Dalam Negeri di Kampus Untirta, Banten selama dua hari pada 6-7 Desember 2017.

“Arahan kami dari pusat juga agar stock sudah terdistribusi pada 1 Desember 2017,” jelasnya.

Pengiriman kebutuhan barang pokok menggunakan pesawat pun di amini oleh Pemprov Banten jika cuaca ekstrim kembali terulang di Selat Sunda yang mengakibatkan kapal Roll On-Roll Off tak bisa menyeberang dan mengirimkan bahan pokoknya.

“Jadi kalau ada angkutan Hercules dari Sumatera ke Jawa, jika itu memungkinkan, karena situasional kenapa tidak,” ungkap Kepala Disperindag Banten, Babar Suharso.(dhi)