oleh

Bupati Buka BKM Expo 2013 di Citra Raya

Kabar6-Bupati Tangerang  A. Zaki Iskandar meminta kreatifitas Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) sebagai institusi masyarakat yang dipersiapkan untuk melaksanakan program PNPM Mandiri untuk terus ditingkatkan.

Pernyataan ini Ia kemukakan saat membuka BKM Ekspo 2013 di Mardi Grass, Citra Raya, Kecamatan Cikupa, Kamis (24/10/2013).

“Terus kembangkan kreatifitas BKM untuk menumbuh kembangkan kesadaran dan kemandirian masyarakat, agar kita menjadi pribadi yang cerdas dan makmur menjalankan hidup,” kata Zaki Iskandar di depan pengurus BKM.

BKM adalah salah satu ujung tombak membangun kemandirian masyarakat dan pemerintah daerah dalam menanggulangi kemiskinan. Di Kabupaten Tangerang, BKM yang terbentuk sejak tahun 2007 tersebar di 96 desa/kelurahan.

Bupati berharap, BKM yang sudah terbentuk agar menjadi motor penggerak penanggulangan kemiskinan oleh masyarakat secara mandiri.

BKM juga harus dapat menjalin kemitraan dengan pemerintah daerah, kelompok peduli masyarakat, dan pihak swasta di wilayah setempat.

“BKM harus dapat menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk menggerakkan masyarakat dalam menuntaskan kemiskinan secara mandiri,” ujarnya.

Usai membuka BKM Expo, Bupati Zaki Iskandar berkeliling meninjau stand pameran yang dihasilkan oleh BKM di Kabupaten Tangerang. Produk yang dipamerkan antara lain produk lokal berupa makanan, alas kaki, dan produk lainnya.

Ketua Panitia BKM Expo 2013 Robi Chandra menerangkan, ajang BKM Expo digelar untuk mensosialisasikan PNPM-Mandiri Perkotaan, karena produk-produk unggulan yang dipamerkan bisa menjadi ciri khas daerah dan menarik perhatian masyarakat untuk meningkatkan perekonomian. Baca juga: Pemkab Tangerang Luncurkan 25 Program Unggulan Tahun 2014.

“BKM expo 2013 ini merupakan sarana untuk mempromosikan produk-produk unggulan di masing-masing BKM yang ada, yang memiliki daya tarik tersendiri untuk meningkatkan perekonomian di masyarakat,” terang Robi Chandra. Baca juga: 25 Perusahaan Bangun Interchange di Kabupaten Tangerang.

Produk-produk yang dipamerkan merupakan hasil BKM di wilayah kecamatan. Kecamatan Panongan misalnya, menghasilkan sandal lokal yang tak kalah saing dengan produk sejenis. Baca juga: Pemkab Tangerang Segera Luncurkan Kartu Pintar.

“Sandal ini diberi merek ‘Pessbek’, kepanjangan dari Pasar Cibarengkok,” ucap Kamrori, Ketua BKM Kecamatan Panongan.(suk/hms/jus)

 

 

Berita Terbaru