oleh

BPKP Banten Ingatkan Pemdes Agar Lebih Disiplin Kelola Keuangan Desa

Kabar6-Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Banten ingatkan Pemerintah Desa di wilayah Kabupaten Tangerang agar lebih disiplin dalam pengelolaan keuangan desa.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Banten, Muhamad Masykur menjelaskan evaluasi implemetasi sistem tata kelola keuangan desa dengan aplikasi Siskeudes versi 2.0 agar dapat membantu pemerintah desa dalam pengelolaan keuangan desa sehinga keuangan desa dapat berjalan tertib dan transparan.

“Membantu desa untuk mengelola keuangan desanya agar lebih tertib, transparan, taat pada aturan dan akuntabel,” ujar Muhamad Masykur, saat dimintai keterangan di Gedung Serba Guna Pusat Pemerintahan Kabupaten (Puspemkab) Tangerang, Rabu (20/2/2019).

Menurutnya, sejauh ini penggunaan aplikasi Siskeudes sebetulnya sangat mudah sejak 2015 sudah dilakukan uji coba di daerah Mamasa Sulawesi Barat, apalagi daerah Kabupaten Tangerang yang sudah biasa menggunakan Gadget/Android bukan hal yang susah.

“Begitu diinput langsung keluar datanya lengkap, gampang sekali. Dan, secara sistem bagusnya ada pengendalian misalnya ada pengeluaran yang tidak sesuai anggaran nggak akan boleh nggak akan bisa itu,” terangnya.**Baca juga: Dandim Lebak: Beda Pilihan di Pemilu Jangan Sampai Timbul Konflik.

Ditambahnya, setelah melakukan transanksi Pemerintah Desa agar segera membuat laporan supaya tidak menunda-nunda dalam membuat surat pertanggung jawaban sehinga tidak berdampak pada saat akan melakukan pencairan keuangan berikutnya.(Oke)

Berita Terbaru