oleh

Bisakah Makanan Pengaruhi Menstruasi?

Kabar6-Makanan yang dikonsumsi ternyata dapat mempengaruhi menstruasi dan mood Anda. Beberapa jenis makanan bahkan dapat memicu terjadinya menstruasi beberapa hari lebih awal daripada seharusnya.

Satu hal yang perlu diingat, setiap wanita berbeda. Oleh karena itu, melansir knoji, jenis makanan yang mempengaruhi siklus menstruasinya pun dapat berbeda-beda. Sindrom premenstrual merupakan suatu kumpulan gejala yang sering dialami oleh para wanita sebelum menstruasi terjadi. Beberapa gejala tersebut adalah perut kembung, nyeri kepala, dan mood berubah-ubah.

Terdapat beberapa jenis makanan yang dapat membuat gejala premenstrual ini semakin memburuk seperti kafein, gula, garam, dan makanan berlemak. Sementara itu, beberapa jenis makanan yang dapat membantu mengatasi berbagai gejala premenstrual adalah buah-buahan, sayuran, dan air putih.

Wanita yang memiliki pola makan tidak sehat atau kurang gizi mungkin dapat mengalami menstruasi tidak teratur, misalnya tidak mendapat menstruasi sama sekali selama beberapa bulan. Kondisi ini sangat sering dialami oleh para penderita anoreksia.

Selain pola makan tidak sehat dan kurang gizi, mengonsumsi terlalu banyak minuman beralkohol dan karbohidrat juga dapat menyebabkan menstruasi menjadi tidak teratur.

Mengonsumsi banyak nanas pada awal menstruasi Anda dapat membuat darah yang keluar menjadi sangat banyak. Pada beberapa orang wanita, perubahan pola makan dapat menyebabkan menstruasi terjadi beberapa hari lebih awal daripada seharusnya. Hal ini dapat dialami oleh seorang vegetarian yang tiba-tiba mengonsumsi daging.

Selain itu, mengonsumsi banyak nanas atau pepaya juga dapat membuat menstruasi Anda datang lebih cepat daripada biasanya. Beberapa wanita bahkan mendapat menstruasi lebih awal daripada biasanya setelah mengonsumsi buah golongan citrus seperti jeruk. ** Baca juga: Wah, Polusi Udara Ternyata Bisa Ganggu Kesehatan Mental

Bila Anda biasanya tidak mengonsumsi banyak garam, mengonsumsi lebih banyak garam juga dapat membuat menstruasi Anda datang lebih cepat daripada biasanya. Wanita yang sedang berdiet untuk menurunkan berat badan atau sedang mengikuti banyak kegiatan olahraga mungkin akan mendapat menstruasi lebih lambat daripada biasanya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru