oleh

Wah, Polusi Udara Ternyata Bisa Ganggu Kesehatan Mental

Kabar6-Selain mengganggu sistem pernapasan, dalam penelitian dua terbaru diketahui bahwa polusi udara ternyata juga dapat memicu terjadinya gangguan kesehatan mental seseorang.

Penelitian pertama, melansir BBC, memastikan bahwa polusi udara terbukti memicu terjadinya serangan stroke pada orang-orang yang memang berisiko tinggi. Sedangkan penelitian kedua memunculkan wacana baru tentang dampak polusi terhadap kesehatan mental seseorang. Setelah melakukan survei pada lebih dari 70 ribu orang wanita berusia 57-85 tahun. Para peneliti menemukan bahwa mereka yang tinggal di wilayah dengan tingkat polusi yang tinggi lebih sering mengalami berbagai gejala dari gangguan cemas (multiple anxiety syndrome). Bahkan, 15 persen di antaranya memperlihatkan gejala cemas ‘parah’, kendati bukan berarti mereka mengidap gangguan cemas.

Para peneliti menduga, polusi sebenarnya hanya memicu terjadinya gejala gangguan cemas secara tidak langsung, yakni dengan memperburuk berbagai gejala gangguan jantung maupun paru-paru yang memang telah dimiliki oleh para peserta penelitian. ** Baca juga: Kurangi Kalori Tanpa Rasa Lapar, Begini Caranya

Namun para peneliti mengatakan masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan apakah polusi udara memang benar-benar dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorang secara langsung atau tidak.(ilj/bbs)

Berita Terbaru