oleh

Bersihkan Lidah untuk Hindari Bakteri Jahat

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Lidah adalah kumpulan otot rangka pada bagian lantai mulut yang dapat membantu pencernaan makanan dengan mengunyah dan menelan. Lidah dikenal sebagai indera pengecap yang banyak memiliki struktur tunas pengecap. Lidah juga turut membantu dalam tindakan bicara.Juga membantu membolak balik makanan dalam mulut.

Selain gigi, kesehatan lidah pun merupakan hal yang sangat penting. Lidah yang tidak pernah dibersihkan, akan menimbulkan masalah kesehatan. Apa yang akan terjadi jika lidah tidak dibersihkan? Dikutip Women’s Health, berikut uraiannya:

1. Bau mulut
Hal ini terjadi karena bakteri akan berkumpul atau bersarang di lidah Anda.

2. Tidak sensitif terhadap rasa
Hal ini terjadi karena saraf-saraf perasa pada lidah tertutup oleh bakteri, sehingga Anda agak kebal pada rasa yang ringan atau mirip dengan rasa yang lain.

3. Warna lidah hitam
Kondisi ini akibat dari sisa-sisa kotoran yang berwarna hitam. Rambut ini tumbuh karena papilae, yaitu indera pengecap yang ada pada lidah, tertutup oleh sisa makanan dan juga bakteri. Akibatnya, meninggalkan warna hitam pada permukaan lidah.

Meskipun tak begitu berbahaya, tetap saja bisa menyebabkan bau mulut. Warna ini akan hilang jika Anda membersihkannya dengan pembersih khusus lidah, seperti stick berbentuk pipih. ** Baca juga: Mana yang Lebih Dulu, Sarapan Atau Olahraga?

Hilangkan bakteri jahat pada lidah, minimal seminggu 2-3 kali.(ilj/bbs)

Berita Terbaru