Berbahaya, Anak Koin Dilarang Beraktivitas di Pelabuhan Merak

Anak Koin di Pelabuhan Merak.(dhi)

Kabar6-Bertaruh nyawa, anak koin rela terjun dari atas kapal ke lautan di Dermaga I Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten.

Di sekitar kapal yang sedang melakukan bongkar muat penumpang dan kendaraan, mereka melakukan berbagai atraksi berbahaya, seperti melompat dari atas kapal ke lautan, untuk menarik penumpang melempatkan uang recehnya.

“Kami selaku pengawas di pelabuhan, sudah mengingatkan ASDP (Merak), untuk melakukan sterilisasi pelabuhan ini. Karena keberadaannya, sangat mengganggu alur dan sangat beresiko terhadap keselamatan,” kata Eko Purwanto, Koordinator Satuan Pelayanan Pelabuhan (Kosatpel) Penyeberangan Merak, saat ditemui di ruangannya, yang berlokasi di Gedung Bundar Pelabuhan Merak, Sabtu (23/6/2018).

Keberadaan anak koin di Pelabuhan Merak sebenarnya telah dilarang, melalui Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 29 Tahun 2016, tentang Sterilisasi Pelabuhan.

Pengguna jasa Pelabuhan Merak pun diminta untuk tidak memberikan uang receh ke anak koin, agar mereka tak lagi mengulangi perilakunya.

Terlebih, pernah terjadi peristiwa, anak koin tersedot baling-baling kapal, terseret tambang, hingga terbentur badan kapal yang mengakibatkan mereka meninggal dunia.**Baca Juga: 4.345 Saksi Zaki-Romli Siap Kawal Pilkada Tangerang.

“(PT ASDP Ferry Indoensia Cabang Merak) Harus melakukan pengawasan setiap hari, setiap saat, kepada anak koint ini, supaya mereka tidak beraktivitas,” jelasnya.(dhi)