oleh

Banjir Landa Korsel Bikin Puluhan Sapi Terjebak di Atap Rumah

Kabar6-Banjir akibat hujan lebat yang melanda Provinsi Jeolla selatan, Korea Selatan (Korsel), membuat puluhan sapi terjebak di atap rumah. Sapi-sapi itu hanyut saat genangan banjir naik di Gurye, sebuah kota pertanian di selatan negara itu.

Hewan ternak yang hanyut tadi, melansir Telegraph, bergegas menyelamatkan diri ke atas atap beberapa rumah dan bangunan lainnya. Ketika air surut, hewan-hewan itu pun seakan terdampar di tempat tinggi dan agak lembap, dan tampak kesulitan turun.

“Sapi-sapi itu berenang saat permukaan air meninggi, kemudian naik ke atap dan tetap di sana bahkan setelah air banjir surut,” kata seorang warga yang tidak disebutkan namanya.

Tim penyelamat membawa derek dan menurunkan ternak satu per satu sapi tersebut dari atap. Menurut seorang dokter hewan yang menjadi sukarelawan dalam tim bantuan banjir Korsel, meski sapi-sapi itu akhirnya pulang, banyak yang menunjukkan gejala pneumonia.

Dilaporkan pihak berwenang, banjir dan tanah longsor yang dipicu oleh hujan lebat di wilayah tengah dan barat daya Korsel telah menewaskan 31 orang dan menyebabkan 11 orang lainnya hilang dalam waktu seminggu, serta memaksa lebih dari 6.000 orang mengungsi.

Hujan deras yang dimulai pada 1 Agustus lalu telah melanda Seoul dan sekitar Provinsi Gyeonggi, Chungcheong tengah, hingga Provinsi Jeolla barat daya, yang menyebabkan banjir besar dan menghancurkan jalan, rumah, serta lahan pertanian. ** Baca juga: Transportasi Susah, Pria Ini Tempuh Jarak 105 Km Bersepeda untuk Antar Anaknya ke Sekolah

Sekira 23 ribu hektare lahan pertanian tergenang atau tertimbun lumpur, sementara 13.370 kasus kerusakan fasilitas umum dan swasta.(ilj/bbs)

Berita Terbaru