oleh

Bangunan Ini Bukan Sembarang Tembok

Kabar6-Sejarah tidak mungkin terlupakan. Termasuk sejarah yang tertinggal pada sejumlah situs atau bangunan yang berada di beberapa negara.

 

Salah satunya adalah bangunan tembok. Berikut adalah 10 tembok yang menorehkan kisah bersejarah:

 

1. Tembok Berlin, Jerman

Didirikan pada 13 Agustus 1961 oleh Pemerintahan Komunis Jerman Timur, di bawah pimpinan Walter Ulbricht. Tembok Berlin mengurung Berlin Barat dan memotong kota ini persis di tengah. Menjadi simbol Perang Dingin yang paling terkenal.

 

2. Tembok Kremlin, Moskow

Sudah berdiri selama 700 tahun, dengan panjang mencapai 1,4 mil dan mengelilingi Lapangan Merah. Dalam tembok ini terdapat mausoleum tempat bersemayam jenazah para pemimpin tertinggi Rusia seperti Stalin dan Brezhnev.

 

3. Tembok Barat, Yerusalem

Tembok yang dikenal sebagai Al-Buraq ini adalah tempat Nabi Muhammad memelihara kuda-kuda miliknya. Sementara umat Yahudi menganggap bahwa tembok ini adalah tembok untuk meratapi kehancuran Sinagog Yahudi.

 

4. Tzompantli, Meksiko

Disebut jugaTembok Tengkorak. Pada zaman suku Maya berkuasa, tengkorak korban ritual diletakkan dalam tembok ini.

 

5. Tembok Hadrian, Inggris

Tembok ini dibangun membentang dari Laut Utara sampai ke Laut Irlandia, dan merupakan batas dari Kekaisaran Romawi.

 

6. Medinet Habu, Mesir

Dibangun pada abad 12 SM. Tinggi tembok ini mencapai 60 kaki (hampir 18 meter) dan dipenuhi dengan 75.000 kaki persegi hiasan dan relief sejarah.

 

7. Tembok Besar, Tiongkok

Mulai dibangun pada 221 SM, dan terus berkembang sampai 17 Abad. Memiliki panjang 4.000 mil.

 

8. Santa Maria delle Grazie, Italia

Lukisan dinding (mural) karya Leonardo Da Vinci, dibuat pada tembok ini. Lukisan “Makan Malam Terakhir” tersebut diselesaikan pada 1498. Walaupun sebagian besar tembok biara ini hancur pada 1943, tapi tembok yang satu ini sama sekali tidak tersentuh.

 

9. Monster Hijau, Boston

Tembok setinggi 37 kaki (10 meter) ini terletak di Fenway Park, Boston. Pada 1934, tembok ini pernah hancur akibat peristiwa kebakaran. Kini, tembok tersebut dilapisi plastik keras dengan hiasan papan angka model kuno.

 

10. Tembok Memorial Veteran Vietnam, Washington, AS

Selesai dibangun pada 1982. Pada tembok ini terdapat lebih dari 58.000 nama tentara Amerika yang gugur atau hilang selama operasi di Vietnam antara 1959 hingga 1975. ** Baca juga: Ini Jenis Hewan Paling Setia

 

Sejarah merupakan salah satu pelajaran berharga untuk masa kini. (ilj/bbs)

Berita Terbaru